TSMC Siap Pimpin Revolusi Chip 2-nm, Samsung Tidak Tinggal Diam?

TSMC Siap Pimpin Revolusi Chip 2-nm, Samsung Tidak Tinggal Diam?

Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC) sedang mempersiapkan diri untuk memproduksi chip 2-nanometer (nm) generasi berikutnya di pabrik baru mereka di Kaohsiung, Taiwan. Namun, dengan Samsung juga berencana memproduksi chip 2-nm, persaingan di industri semikonduktor semakin memanas. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Ambisi TSMC untuk Chip 2-nanometer

nano chip 2nm TSMC
Sumber: TechSpot

Dilansir dari Bitcoin News, TSMC telah menyatakan keyakinannya bahwa teknologi proses 2-nm mereka akan menjadi teknologi foundry paling canggih di dunia saat diluncurkan pada 2025.

Meskipun Samsung berencana untuk melampaui TSMC dalam lima tahun ke depan, TSMC tetap optimis dengan teknologi nano sheet transistor mereka yang dianggap lebih matang, hemat energi, dan berkinerja tinggi.

Selain itu, TSMC juga berencana untuk membangun pabrik baru di Hsinchu dan akan memulai pembangunan lainnya di Taichung tahun depan.

Baca Juga: Langkah Cerdas Jepang dalam ‘Perang Chip’ AI, Akuisisi JSR oleh JIC!

Samsung Tidak Tinggal Diam

samsung vs tsmc
Sumber: SemiWiki

Samsung, yang berambisi untuk mengungguli TSMC, berencana memproduksi chip 2-nm pada 2025 dengan teknologi get-all-around structure. Meskipun demikian, TSMC percaya bahwa pendekatan mereka lebih unggul dalam hal konsumsi daya dan kinerja.

Selain itu, Samsung juga telah menunjukkan kemajuan dengan chip 3-nm mereka yang telah digunakan dalam rig mining Bitcoin, menandai langkah besar dalam teknologi semikonduktor.

Baca Juga: LK-99, Superkonduktor Korea Selatan yang Guncang Dunia Crypto!

Dampak bagi Industri dan Konsumen

Chip 2-nm yang diproduksi oleh TSMC diharapkan akan digunakan dalam smartphone dan perangkat komputasi berkinerja tinggi. Dengan kemajuan teknologi ini, konsumen dapat mengharapkan perangkat yang lebih cepat dan hemat energi.

Selain itu, CEO TSMC, C.C. Wei, menekankan bahwa TSMC adalah mitra yang dapat diandalkan karena tidak bersaing dengan pelanggannya, berbeda dengan pesaingnya seperti Samsung dan Intel.

Dengan TSMC dan Samsung bersaing ketat dalam produksi chip 2-nm, industri semikonduktor di ambang revolusi teknologi. Siapapun yang berhasil memimpin pasar ini akan menentukan arah masa depan teknologi dan inovasi di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: