Peringatan dari Trust Wallet: Nonaktifkan iMessage untuk Hindari Eksploitasi Zero-Day Kripto!

Peringatan dari Trust Wallet: Nonaktifkan iMessage untuk Hindari Eksploitasi Zero-Day Kripto!

Jakarta, Pintu News – Trust Wallet, penyedia dompet kripto, mendesak pengguna Apple untuk segera menonaktifkan iMessage, mengutip adanya intelijen kredibel tentang eksploitasi zero-day yang dapat memungkinkan peretas mengambil kendali atas ponsel pengguna. Peringatan ini datang setelah perusahaan mengidentifikasi ancaman serius yang menargetkan pengguna iMessage pada Dark Web. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Rincian Eksploitasi dan Respon dari Trust Wallet

Trust Wallet memposting peringatan di platform X, menekankan bahwa eksploitasi zero-day ini dapat menginfiltrasi dan mengambil alih iPhone pengguna tanpa perlu mengklik tautan apapun. Pengguna dengan akun bernilai tinggi dinilai paling berisiko. Trust Wallet menyatakan bahwa semua dompet kripto yang tersimpan di iPhone dengan iMessage yang aktif berada dalam bahaya.

Eowyn Chen, CEO Trust Wallet, berbagi tangkapan layar yang diklaim menunjukkan tawaran harga sebesar $2 juta untuk eksploitasi tersebut. Hal ini menunjukkan tingkat serius dan potensi kerugian finansial yang besar jika eksploitasi ini berhasil digunakan oleh peretas.

Baca Juga: Trust Wallet Raih Sertifikasi ISO 27001 dan ISO 27701, Jadi Lebih Aman!

Skeptisisme dari Industri dan Validitas Intel

trust wallet zero day
Sumber: Akun X Trust Wallet

Meskipun ada peringatan serius dari Trust Wallet, beberapa ahli industri merespon dengan skeptisisme. Seorang peneliti blockchain pseudonim, Beau, mengkritik Trust Wallet karena menimbulkan kepanikan tanpa bukti konkret selain tangkapan layar dari klaim yang belum diverifikasi. Respons ini menyoroti pentingnya memastikan informasi keamanan yang disebarkan adalah akurat dan dapat diverifikasi untuk menghindari kepanikan yang tidak perlu di antara pengguna.

Trust Wallet kemudian mengklarifikasi bahwa intel mereka berasal dari tim keamanan dan mitra yang terus-menerus memeriksa ancaman, tetapi tanggapan awal dari komunitas menunjukkan bahwa lebih banyak transparansi dan validasi diperlukan dalam mengkomunikasikan ancaman keamanan.

Baca Juga: Trust Wallet Raih Sertifikasi ISO 27001 dan ISO 27701, Jadi Lebih Aman!

Dampak Potensial dan Tindakan Pencegahan

Kejadian ini menyoroti kerentanan yang terus-menerus dalam aplikasi dan layanan yang banyak digunakan seperti iMessage, yang sebelumnya telah digunakan sebagai vektor serangan oleh peretas, menurut peneliti keamanan di Kaspersky.

Trust Wallet mendesak pengguna untuk mengambil tindakan pencegahan dengan menonaktifkan iMessage untuk melindungi aset kripto mereka dari potensi ancaman zero-day yang dapat memanfaatkan kerentanan ini untuk pencurian data dan aset kripto.

Kesimpulan

Serangan zero-day yang potensial ini menunjukkan betapa pentingnya keamanan siber dan kehati-hatian dalam era digital, terutama bagi pengguna yang memiliki aset kripto berharga. Pengguna disarankan untuk mengikuti saran keamanan dari penyedia dompet kripto dan memperbarui praktik keamanan mereka secara berkala untuk melindungi diri dari jenis serangan ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: