Waspada! Trust Wallet Ungkap Kerentanan Zero-Day iMessage Apple

Waspada! Trust Wallet Ungkap Kerentanan Zero-Day iMessage Apple

Jakarta, Pintu News – Pengguna Apple, khususnya iPhone, diimbau untuk waspada terhadap potensi kerentanan zero-day iMessage yang dapat membahayakan keamanan perangkat mereka. Trust Wallet, penyedia dompet crypto terkemuka, telah mengeluarkan peringatan terkait eksploitasi ini yang dijual seharga $2 juta di dark web.

Kerentanan Zero-Day iMessage: Ancaman Serius bagi Pengguna iPhone

Kerentanan zero-day iMessage ini memungkinkan peretas untuk mengendalikan iPhone tanpa memerlukan interaksi apa pun dari pengguna. Berbeda dengan eksploitasi tradisional yang mengharuskan pengguna mengklik tautan berbahaya atau mengunduh file yang terinfeksi, eksploitasi ini bekerja secara otomatis, sehingga sangat mengancam terutama bagi target bernilai tinggi.

Baca Juga: HSBC Siap Ekspansi Produk Tokenisasi, Fokus pada Aset Berwujud

Trust Wallet menekankan bahwa informasi ini bersumber dari tim keamanan dan mitra tepercaya mereka. Perusahaan menyadari pentingnya keamanan, khususnya dalam ekosistem blockchain, dan menghimbau pengguna iOS untuk segera menonaktifkan iMessage hingga Apple merilis patch keamanan untuk mengatasi kerentanan ini.

Cara Menonaktifkan iMessage untuk Melindungi iPhone

vision pro apple startup mira
Reuters

Untuk menonaktifkan iMessage, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan (Settings) di iPhone.
  2. Pilih “Pesan” (Messages).
  3. Geser tombol iMessage ke posisi “nonaktif” (off).

Dengan menonaktifkan iMessage, pengguna dapat mengurangi risiko eksploitasi kerentanan zero-day ini hingga Apple merilis pembaruan keamanan.

Kerentanan Apple Lainnya yang Perlu Diwaspadai

Selain kerentanan zero-day iMessage, pengguna Apple juga perlu mewaspadai kerentanan lain yang baru-baru ini ditemukan. Peneliti akademis dari lima universitas berbeda mengungkapkan kerentanan baru pada chip seri-M Apple yang memungkinkan penyerang mengekstrak kunci rahasia dari Mac selama operasi kriptografi.

Kerentanan ini, yang melekat pada desain silikon, tidak dapat ditambal secara langsung. Sebagai gantinya, diperlukan pertahanan perangkat lunak kriptografi pihak ketiga, yang berpotensi memperlambat kinerja chip seri-M. Kerentanan ini berasal dari prefetcher chip yang memprediksi akses data, secara tidak sengaja membocorkan materi kunci.

Penutup

Pengguna Apple, khususnya iPhone, diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi kerentanan keamanan, termasuk kerentanan zero-day iMessage dan kerentanan pada chip seri-M. Selalu perbarui perangkat lunak iOS Anda ke versi terbaru dan ikuti praktik keamanan yang baik untuk melindungi data dan privasi Anda.

Baca Juga: 3 Top DRC-20 2024: DOGI, UNIX, PEPE

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi