Trump Berubah Pikiran Tentang Bitcoin, Bagaimana Dampaknya pada Pemilu?

Trump Berubah Pikiran Tentang Bitcoin, Bagaimana Dampaknya pada Pemilu?

Mantan Presiden AS Donald Trump baru-baru ini mengejutkan banyak orang dengan menyatakan sikap netralnya terhadap Bitcoin dalam sebuah acara bincang-bincang di Fox News.

Selama bertahun-tahun, para pendukung Bitcoin telah berhasil meyakinkan tokoh-tokoh penting di bidang teknologi dan keuangan, seperti Elon Musk, Jack Dorsey, Larry Fink, dan Ray Dalio. Kini, mereka mengalihkan perhatian untuk membantu para pemimpin publik melihat potensi bitcoin.

Trump dan Bitcoin: Sebuah Sejarah

Trump sebelumnya dikenal sebagai kritikus keras Bitcoin. Pada tahun 2019, saat masih menjabat sebagai presiden, Trump menyatakan ketidaksukaannya terhadap aset digital tersebut. Bahkan setelah tidak lagi menjabat, Trump masih melontarkan kata-kata kasar tentang Bitcoin.

Baca Juga: Riot Platforms Menyoroti Risiko yang Terkait dengan Peristiwa Bitcoin Halving

Namun, pandangan Trump mulai melunak ketika ia meluncurkan koleksi NFT dan berhasil mengumpulkan jutaan dolar untuk membiayai kampanyenya. Evolusi sikap Trump terhadap Bitcoin berlanjut ketika muncul bukti bahwa ia mulai menerima pandangan-pandangan yang berdekatan dengan Bitcoin, terutama yang menentang mata uang digital bank sentral.

Strategi Politik Trump

Crypto Menjadi Fokus Utama Pemerintahan Joe Biden
CryptoTicker

Perubahan sikap Trump terhadap Bitcoin dianggap sebagai bagian dari strategi politiknya untuk menarik perhatian pemilih muda yang pro-crypto dan membedakan dirinya dari Presiden Joe Biden. Dengan beralih dari posisi negatif ke posisi netral terhadap bitcoin, Trump berharap dapat menarik dukungan dari pemilih muda yang mungkin akan memilih Biden.

Trump memposisikan dirinya sebagai pihak yang netral dalam industri crypto, berbeda dengan pemerintahan Biden yang mengambil sikap lebih keras terhadap crypto. Berdamai dengan Bitcoin dianggap sebagai strategi berbiaya rendah dan berisiko rendah bagi Trump untuk mendapatkan suara dari pihak lain, terutama dari blok pemilih crypto yang sedang berkembang.

Dampak pada Pemilu

Perubahan sikap Trump terhadap Bitcoin dapat berdampak signifikan pada pemilihan umum mendatang. Jutaan pemilih crypto Amerika Serikat akan menentukan hasil pemilihan. Jika Trump berhasil menarik dukungan dari blok pemilih ini, ia dapat meningkatkan peluangnya untuk memenangkan pemilihan.

Namun, jika Biden dapat mempertahankan dukungan dari pemilih crypto, ia akan berada dalam posisi yang lebih kuat untuk memenangkan pemilihan kembali.

Baca Juga: XRP Melonjak: Analis Prediksi Harga Tembus $200

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi