Apa itu TrueFi? Revolusi Pinjaman Peer-to-Peer Tanpa Jaminan!

author:

Array

Apa itu TrueFi? Revolusi Pinjaman Peer-to-Peer Tanpa Jaminan!

TrueFi (TRU) adalah protokol DeFi (keuangan terdesentralisasi) yang berfokus pada pasar pinjaman peer-to-peer. Platform ini unik karena menjadi salah satu yang pertama menawarkan pinjaman tanpa jaminan berbasis kredit on-chain. TrueFi menggabungkan pool pinjaman tanpa izin, berbagai token, dan sistem kredit blockchain yang unik untuk mencapai tujuan ini. Dengan demikian, TrueFi terbukti ideal untuk digunakan oleh institusi dan klien tingkat perusahaan.

Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh pemberi pinjaman dan peminjam adalah sentralisasi. Dengan sentralisasi, pasar rentan terhadap penyalahgunaan. Platform pinjaman besar saat ini menetapkan tarif pasar, membuat pinjaman menjadi sangat mahal. TrueFi memperbaiki proses pinjaman dengan menghilangkan perantara dan penjaga gerbang, sehingga mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi.

Baca juga: Peringatan Analis Top Tentang Memecoin yang Meledak dan Pandangan Terbaru Terhadap Solana

Truefi Fasilitasi Pinjaman Tanpa Jaminan?

cara kerja truefi
(truefi.io)

Salah satu skenario paling bermasalah bagi pengguna protokol pinjaman DeFi adalah persyaratan jaminan. Karena kebanyakan protokol ini menggunakan pool pinjaman dan tanpa pemeriksaan kredit, mereka mengharuskan pengguna untuk memberikan jaminan yang berlebihan, yaitu dengan mengunci dana yang bisa digunakan untuk aliran keuntungan lainnya. TrueFi mengubah industri ini dengan tidak memerlukan jaminan untuk peminjam yang memiliki kredit yang baik.

Peminjam dapat mengajukan aplikasi dan mendaftarkan bisnis atau organisasi mereka. Setelah terdaftar, mereka memiliki akses ke pasar pinjaman. Sistem ini menyediakan pasar pinjaman terbuka di mana kamu bisa mencari opsi pinjaman yang sempurna sesuai kebutuhanmu. Para pengembang telah menyederhanakan proses persetujuan pinjaman menjadi empat langkah mudah.

Perlindungan dan Keuntungan Bagi Pemberi Pinjaman

TrueFi memperkenalkan beberapa manfaat bagi pemberi pinjaman. Salah satunya adalah kombinasi pinjaman P2P dengan kapabilitas DeFi canggih, termasuk high yield farming dan protokol staking. Opsi-opsi ini memungkinkan siapa saja untuk masuk ke ekosistem dan menghasilkan kekayaan secara aman. Protokol pinjaman terbuka ini juga cepat dan dapat diskalakan, memberikan perlindungan unik bagi pemberi pinjaman.

Protokol pinjaman ini memungkinkan pengguna untuk meminjamkan stablecoin mereka ke pool pinjaman TrueFi yang menggunakan strategi yang telah ditentukan untuk menentukan peminjam yang layak kredit. Sebagai imbalannya, para pemberi pinjaman menerima hadiah yang juga bisa mereka pinjamkan untuk menghasilkan lebih banyak ROI.

Baca juga: Potensi Jangka Panjang SUI & Meme Coin Solana Iggy Azalea yang Melonjak 1.875% dalam 2 Hari!

Sistem Skor Kredit On-Chain dan Manfaat Privasi

TrueFi memperkenalkan skor kredit on-chain untuk lebih meningkatkan pengalaman peminjam dan pemberi pinjaman. Peminjam dapat memaksimalkan efisiensi modal dan membangun sejarah kredit on-chain menggunakan sistem ini. Organisasi dengan kredit substansial dapat mengembangkan profil peminjam dan menampilkan riwayat pembayaran yang luar biasa, yang meningkatkan akses mereka ke pendanaan di masa depan.

Bagi mereka yang mencari lebih banyak privasi dalam proses pinjaman, TrueFi menawarkan aplikasi pinjaman yang anonim secara publik yang memanfaatkan zero-knowledge proofs. Zero-knowledge proofs memungkinkan jaringan untuk melakukan transaksi tanpa mengungkapkan informasi penting tentang dompet yang melakukan transaksi.

Bagaimana TrueFi (TRU) Bekerja?

portofolio-truefi
(truefi.io)

TrueFi mengintegrasikan jaringan terdesentralisasi dari pemberi pinjaman dan peminjam. Sistem ini menggunakan mekanisme konsensus Proof-of-Reserve untuk meningkatkan transparansi bagi semua pihak dan tetap valid. Sistem ini juga memungkinkan fitur pengguna lanjutan seperti audit real-time dari protokol.

Pengguna dapat mengamankan hasil tinggi dengan memanfaatkan fitur farming yang disediakan oleh TrueFi. Farming memungkinkan pengguna untuk mendapatkan bunga dengan menyediakan likuiditas ke smart contract jaringan. Tarif APY untuk pool farming dapat berubah yang mana bisa menghasilkan ROI lebih tinggi dalam kondisi tertentu.

TrueFi (TRU) menghadirkan perubahan besar dalam industri DeFi dengan menawarkan pinjaman tanpa jaminan berbasis kredit on-chain. Protokol ini tidak hanya menghilangkan perantara yang mahal, tetapi juga memberikan perlindungan dan keuntungan yang signifikan bagi pemberi pinjaman. Dengan fitur-fitur canggih seperti skor kredit on-chain dan aplikasi pinjaman anonim, TrueFi berada di posisi yang kuat untuk menarik perhatian institusi dan klien perusahaan besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

  • Messari.io. Truefi. Diakses tanggal 03 Juni 2024.
  • Securities.io. Investing in TrueFi. Diakses tanggal 03 Juni 2024.
  • Featured Image: cryptoslate.com
Array