Mengenal TRON (TRX), Mata Uang Digital yang Mendobrak Batas!

author:

Mengenal TRON (TRX), Mata Uang Digital yang Mendobrak Batas!

Di tengah pesatnya perkembangan dunia crypto, TRON (TRX) crypto muncul sebagai salah satu pemain kunci yang tak bisa diabaikan. Didirikan pada September 2017 oleh H.E. Justin Sun, TRON crypto telah menunjukkan performa yang mengesankan sejak peluncuran mainnet-nya pada Mei 2018. Dengan akuisisi BitTorrent pada Juli 2018, TRON semakin memperkuat posisinya di industri ini.

Pengenalan Crypto TRON (TRX)

mengenal tron crypto
Sumber: Bitcoin News

TRON adalah jaringan yang berkomitmen untuk mendesentralisasi internet melalui teknologi blockchain dan aplikasi terdesentralisasi (DApps). Token utama jaringan ini, TRONIX (TRX), berperan sebagai unit dasar akun di blockchain TRON. TRX tidak hanya menghubungkan seluruh ekosistem TRON, tetapi juga menjadi medium pertukaran bagi semua token berbasis TRC.

Baca juga: Analisis & Prediksi Harga Tron (TRX) 2023: Harga Tron Bisa Melonjak 80,2%!

TRON menggunakan mesin virtual yang ringkas dan lengkap, TRON Virtual Machine (TVM), untuk menciptakan sistem blockchain yang efisien, stabil, praktis, aman, dan skalabel. TVM mendukung token yang diimplementasikan melalui smart contract dengan standar teknis TRC-20, yang sepenuhnya kompatibel dengan ERC-20.

Kinerja dan Keamanan Jaringan

Jaringan TRON mencapai konsensus melalui mekanisme Delegated Proof-of-Stake (DPoS). Dalam DPoS, pengguna dapat memilih delegasi yang memiliki kekuasaan untuk membuat keputusan penting yang mempengaruhi seluruh jaringan. TRON menambahkan blok baru ke blockchain setiap tiga detik, dengan pembuat blok menerima 32 koin TRX sebagai imbalan.

Keamanan jaringan TRON juga menjadi prioritas. Dengan tiga jenis node yang berbeda – Witness Node, Full Node, dan Solidity Node – TRON memastikan bahwa transaksi dan blok disiarkan dengan efisien dan aman.

Selain itu, TRON menyediakan berbagai jenis akun, termasuk akun reguler, akun token, dan akun kontrak, untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam.

Baca juga: TRON Jadi Alat Pembayaran yang Sah di Dominika!

Potensi dan Prospek Masa Depan

TRON menawarkan berbagai manfaat bagi penggunanya. Dengan memegang dan melakukan staking TRX, pengguna dapat berpartisipasi dalam pemilihan super representative. Selain itu, TRON memungkinkan para pembuat konten untuk menerima pembayaran atas karya mereka sambil tetap memiliki kontrol penuh atas karya tersebut.

Pada Oktober 2023 lalu, TRX menunjukkan aksi harga bullish yang kuat, dengan kenaikan harga dan masuk ke dalam daftar sepuluh besar mata uang crypto berdasarkan kapitalisasi pasar. Dengan transaksi yang sangat cepat, mendukung hingga 2.000 transaksi per detik, TRON menjanjikan prospek yang cerah di masa depan.

TRON (TRX) telah membuktikan dirinya sebagai pemain penting di dunia crypto. Dengan infrastruktur yang kuat, mekanisme konsensus yang efisien, dan potensi pertumbuhan yang signifikan, TRON menjanjikan masa depan yang cerah bagi para penggunanya. Apakah kamu siap menjadi bagian dari revolusi digital ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: