TRON Siap Luncurkan Solusi Layer-2 Bitcoin, USDT Siap Mengalir ke Bitcoin

TRON Siap Luncurkan Solusi Layer-2 Bitcoin, USDT Siap Mengalir ke Bitcoin

Jakarta, Pintu News – TRON, blockchain layer-1, tengah mempertimbangkan solusi layer-2 Bitcoin yang akan mendukung versi “wrapped” dari Tether (USDT). Hal ini berpotensi mengalirkan likuiditas senilai miliaran dolar ke ekosistem Bitcoin.

Pada bulan Februari, pendiri TRON, Justin Sun, mengumumkan peta jalan untuk solusi layer-2 Bitcoin TRON dalam sebuah posting blog, yang akan memungkinkan stablecoin dan token untuk berpindah antara TRON dan Bitcoin.

“Integrasi ini tidak hanya akan menghubungkan TRON secara langsung dengan Bitcoin, tetapi juga memfasilitasi akses ke lebih dari $55 miliar nilai ke jaringan Bitcoin, sehingga menyuntikkan vitalitas finansial ke Bitcoin,” kata Sun saat itu. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Rencana TRON untuk USDT

Berbicara kepada Cointelegraph, juru bicara TRON mengatakan bahwa rencana tersebut “kemungkinan” akan melibatkan pembuatan versi wrapped dari USDT. Jaringan TRON saat ini menjadi rumah bagi lebih dari setengah dari $104 miliar USDT yang diterbitkan di berbagai blockchain.

rencana tron untuk usdt
Sumber: Akun X Justin Sun

“Sebagai rumah bagi stablecoin terkemuka seperti USDT, kami menghadirkan likuiditas dan stabilitas yang signifikan,” kata TRON kepada Cointelegraph pada 22 Februari. Integrasi tersebut kemungkinan akan menarik pengguna baru ke ekosistem Bitcoin dan memperluas kasus penggunaan jaringan, khususnya dalam keuangan terdesentralisasi, tambah mereka.

Sun mengatakan solusi layer-2 Bitcoin akan memungkinkan token berbasis TRON untuk berinteraksi dan beroperasi dengan Bitcoin “dengan mulus.” Juru bicara TRON mengatakan rencana tersebut masih dalam tahap konsep tetapi “kemungkinan” akan dilanjutkan. Untuk saat ini, perusahaan akan memanfaatkan protokol lintas rantai yang ada untuk menjembatani USDT dan token lainnya antara Bitcoin dan TRON. Bagian dari rencana TRON juga melibatkan kolaborasi dengan beberapa protokol layer-2 Bitcoin.

Baca Juga: 8 Cryptocurrency yang Wajib Dibeli Sebelum Bull Run Halving 2024

Bagaimana dengan USDC?

usdt dan tron
Sumber: Akun X Tron Dao

Stablecoin saingan Tether, USD Coin (USDC) bisa menjadi cerita yang berbeda karena Circle, penerbitnya, menghentikan pencetakan USDC di TRON pada bulan Februari. Juru bicara TRON mengatakan lonjakan minat komunitas baru-baru ini untuk memperluas fungsionalitas dan skalabilitas Bitcoin adalah salah satu alasan utama mengapa mereka mempertimbangkan untuk membangun solusi layer-2.

Mengembangkan aplikasi terdesentralisasi di Bitcoin berpotensi meningkatkan dinamika harga Bitcoin (BTC) juga, karena biaya akan didenominasi dalam BTC, tambah mereka. Sementara itu, organisasi otonom terdesentralisasi TRON, TRON DAO, juga ingin membangun dompet dan perangkat yang ramah pengguna untuk mendukung Ordinal berbasis Bitcoin dan token BRC-20.

Perusahaan investasi mata uang kripto CoinShares memperkirakan pada bulan Januari bahwa stablecoin berbasis Bitcoin dapat muncul pada tahun 2024 yang dapat menyaingi kecepatan dan biaya stablecoin lain di industri. Liquid-based Tether (L-USDT) adalah salah satu dari sedikit stablecoin denominasi dolar Amerika Serikat yang saat ini beredar di jaringan layer-2 Bitcoin.

Kesimpulan

TRON, blockchain layer-1, tengah mempertimbangkan solusi layer-2 Bitcoin yang akan mendukung versi “wrapped” dari Tether (USDT). Hal ini berpotensi mengalirkan likuiditas senilai miliaran dolar ke ekosistem Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi