TRON (TRX): Revolusi Baru dalam Berbagi Konten Digital

TRON (TRX): Revolusi Baru dalam Berbagi Konten Digital

Dalam era digital saat ini, TRON (TRX) muncul sebagai platform revolusioner yang mengubah cara kita berbagi dan mengonsumsi konten digital. Didirikan pada tahun 2017 oleh Justin Sun, TRON bertujuan untuk mendesentralisasi web dengan memungkinkan pembuat konten untuk menjual karya mereka secara langsung kepada konsumen tanpa perantara.

Mengenal TRON dan TRX

TRON adalah platform berbasis blockchain yang fokus pada industri hiburan digital. Dengan menggunakan teknologi blockchain dan aplikasi terdesentralisasi (DApps), TRON memungkinkan pembuat konten untuk mendistribusikan dan memonetisasi karya mereka dengan cara yang efisien dan biaya rendah.

Baca Juga: Polygon dan Powerloom Protocol Berkolaborasi untuk Desentralisasi dengan Node Mint Event!

TRONIX, atau TRX, adalah mata uang crypto asli dari jaringan TRON, yang digunakan sebagai alat pembayaran dalam ekosistem TRON.

Pada Juli 2018, TRON mengakuisisi BitTorrent, sebuah perusahaan pionir dalam layanan terdesentralisasi, yang menambahkan hampir 100 juta pengguna aktif bulanan ke dalam ekosistem TRON. Ini menandai langkah besar dalam visi TRON untuk mendesentralisasi internet.

Bagaimana TRON Bekerja?

hubungan tron dan circle
Sumebr: CoinMarketCap

TRON menggunakan Mesin Virtual TRON (TVM) yang kompak dan lengkap untuk mendukung ekosistemnya. TVM memungkinkan pembuatan token yang kompatibel dengan standar teknis TRC-20, yang sepenuhnya sesuai dengan ERC-20 Ethereum.

Dengan menggunakan mekanisme konsensus delegated proof of stake (DPoS), TRON memungkinkan pemegang TRX untuk memilih super representative (SR) yang bertanggung jawab atas validasi transaksi dan penciptaan blok dalam jaringan.

Setiap enam jam, SR dipilih untuk memvalidasi transaksi, dan mereka menerima TRX sebagai imbalan atas layanan mereka. Dengan kapasitas hingga 2.000 transaksi per detik, TRON menawarkan kecepatan transaksi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Bitcoin dan Ethereum.

Potensi dan Manfaat TRON

TRON dirancang untuk menghadapi industri media, termasuk raksasa web seperti Amazon dan Netflix, dengan slogan “Decentralize the Web”. Platform ini memungkinkan pembuat konten untuk menerima pembayaran langsung dari pengguna untuk akses ke aplikasi mereka, tanpa biaya transaksi. Selain itu, transaksi di jaringan TRON sangat cepat dan biayanya sangat rendah, hanya $0,000005 per transaksi.

Dengan lebih dari 180 juta akun pada Agustus 2023, TRON telah berkembang menjadi salah satu platform hiburan digital terbesar di dunia. Sebagai platform yang terus berkembang, TRON menawarkan peluang baru bagi pembuat konten untuk mendistribusikan dan memonetisasi karya mereka secara global.

Baca Juga: Solana & Rebel Satoshi: Rahasia di Balik Lonjakan SOL dan RBLZ yang Mengejutkan Pasar Crypto!

Kesuksesan masa depan TRON tidak hanya bergantung pada booming crypto saat ini, tetapi juga pada kualitas program yang dibawanya kepada pengguna. Dengan visi yang kuat dan teknologi yang inovatif, TRON berpotensi untuk terus tumbuh dan membentuk masa depan berbagi konten digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: