Jumlah Dompet Jutawan Bitcoin Melonjak 3x Lipat dalam 11 Bulan Terakhir!

Jumlah Dompet Jutawan Bitcoin Melonjak 3x Lipat dalam 11 Bulan Terakhir!

Pada tahun 2023 ini, jumlah dompet crypto yang memiliki Bitcoin senilai $1 juta atau lebih telah melonjak 3xi lipat. Sekarang, lebih dari 81.000 alamat dompet menjadi jutawan Bitcoin. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Lonjakan Dompet Jutawan Bitcoin

lonjakan dompet jutawan bitcoin
Jumlah dompet Bitcoin “jutawan” telah meningkat lebih dari 237% sejak awal tahun. Sumber: Glassnode

Data dari BitInfoCharts menunjukkan bahwa jumlah alamat dengan Bitcoin senilai lebih dari $1 juta telah meningkat dari 23.795 pada 1 Januari menjadi 81.925 saat ini, naik 237% dalam 11 bulan terakhir.

Namun, dompet jutawan ini tidak sepenuhnya dimiliki oleh pengguna individu. Banyak alamat dengan Bitcoin lebih dari $1 juta milik bursa crypto dan lembaga keuangan. Data perbandingan dari Glassnode menunjukkan bahwa jumlah alamat yang memiliki Bitcoin lebih dari $1 juta mencapai puncaknya selama puncak pasar bullish terakhir pada November 2021.

Pada 9 November 2021, tercatat sebanyak 112.573 alamat, sehari sebelum Bitcoin mencapai harga tertinggi sepanjang masa sebesar $69.000 pada 10 November 2021.

Baca Juga: Analis Michael van de Poppe: Bitcoin (BTC) Memasuki Fase Bull Pertama!

Peningkatan Jumlah “Wholecoiners”

Sementara itu, jumlah “wholecoiners” – dompet dengan saldo minimal 1 BTC – telah sedikit meningkat sejak awal tahun ini. Saat ini, ada 1.018.015 alamat seperti ini, naik 4% dari 978.197 pada 1 Januari.

Peningkatan terbesar dalam jumlah “wholecoiners” sejak 2018 terjadi antara April dan Desember tahun lalu, menunjukkan tren akumulasi yang kuat meskipun ada penurunan harga yang lebih luas akibat sejumlah kejatuhan industri crypto yang berprofil tinggi.

Baca Juga: CEO Galaxy Digital: Tahun 2024 akan Jadi Kebangkitan Bitcoin ETF dan Adopsi Institusional!

Antusiasme Pasar dan ETF Bitcoin

antusiasme pasar btc
Sumber: Akun X James Seyffart

Bitcoin saat ini diperdagangkan hampir $37.100, naik 38% selama bulan terakhir. Harga Bitcoin telah didorong oleh antusiasme pasar untuk beberapa produk ETF spot yang sedang menunggu. Analis ETF Bloomberg mengklaim ada peluang 90% ETF spot Bitcoin akan disetujui pada 10 Januari, dengan banyak yang mengharapkan kenaikan harga yang signifikan setelahnya.

Meskipun sentimen bullish pasar, tidak semua analis yakin bahwa persetujuan ETF spot Bitcoin akan meluncurkan bull run berikutnya. Analis CMC Markets, Tina Teng, mengklaim bahwa meskipun persetujuan akan menjadi hal positif bagi industri crypto, baik Bitcoin maupun lanskap makro yang lebih luas tidak memiliki fundamental yang diperlukan untuk membenarkan pembalikan tren secara keseluruhan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: