Penurunan Dominasi Dolar AS: Apakah Ini Saatnya Bitcoin Menjadi Mata Uang Alternatif?

Penurunan Dominasi Dolar AS: Apakah Ini Saatnya Bitcoin Menjadi Mata Uang Alternatif?

Pelepasan dolar Amerika Serikat sebagai mata uang cadangan dunia yang dominan sedang berlangsung, dan momentumnya semakin menguat.

Selama lebih dari 100 tahun, dolar AS telah menjadi mata uang cadangan dunia, namun dominasi ini tampaknya mulai meredup.

Penurunan Dominasi Dolar AS dalam Cadangan Global

Selama dua dekade terakhir, dominasi dolar dalam cadangan negara telah berkurang dari 70% menjadi kurang dari 60%, menurut data dari IMF.

Baca Juga: De-Dolarisasi: Pertemuan ACU dan Kemungkinan Iran Bergabung dengan BRICS

Tren ini semakin cepat sejak tahun lalu, ketika AS dan sekutunya membekukan cadangan dolar Rusia sebagai tanggapan atas invasi negara tersebut ke Ukraina. Kini, beberapa negara mulai mencari alternatif untuk dolar AS.

Mata Uang Alternatif dan Bitcoin: Masa Depan Cadangan Dunia?

pasokan bitcoin asia
Varchev

Beberapa negara sedang membahas pembuatan mata uang baru untuk perdagangan internasional, sementara yang lain mulai mengumpulkan emas dalam jumlah yang semakin besar untuk diversifikasi cadangan mereka.

Baca Juga: Dolar AS Kehilangan Nilainya dalam 5 Tahun? Manajer Investasi Ini Rekomendasikan Bitcoin!

Sementara itu, Bitcoin, aset yang masih baru dengan banyak karakteristik mirip emas, juga dapat mendapat manfaat dari tren ini dalam jangka panjang.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: