Tren Historis Ini Tunjukkan Gerakan Bitcoin (BTC) di Bulan September: Waktunya Investasi?

Tren Historis Ini Tunjukkan Gerakan Bitcoin (BTC) di Bulan September: Waktunya Investasi?

Bitcoin, mata uang crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar, tampaknya memulai bulan September dengan penurunan harga.

Pada 1 September, BTC turun 4,60% dalam 24 jam terakhir, menjadi $25.998. Namun, apakah ini sesuatu yang harus kita khawatirkan, ataukah ini sesuai dengan pola historis? Mari kita telusuri lebih lanjut.

Seperti Apakah Situasi Pasar di Bulan September 2023?

Analisis dari Will Clemente menunjukkan bahwa September seringkali adalah bulan dengan keuntungan positif paling sedikit untuk Bitcoin.

Baca Juga: US Bitcoin Corp Berkolaborasi dengan Celsius Network untuk 8.500 Penambang di Situs Alpha

Dalam 6 tahun terakhir, hanya ada 2 bulan September yang memberikan keuntungan positif. Tahun 2019 bahkan mencatat penurunan terbesar sebesar 13,47%. Namun tidak ada jaminan jika situasi ini akan kembali berulang di tahun 2023.

Tren Historis vs Realitas Saat Ini

Twitter

Meskipun tren historis menunjukkan pola negatif, hal itu tidak selalu menjadi indikator yang akurat untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Pasar crypto selalu penuh dengan kejutan, dan 1 hari perdagangan saja mungkin tidak cukup untuk menilai apa yang akan terjadi selama sebulan penuh.

Faktor Eksternal: Keputusan Bitcoin ETF

Keputusan dari U.S. Securities and Exchange Commission (SEC) mengenai Bitcoin ETF juga bisa mempengaruhi harga BTC.

Baru-baru ini, SEC menunda keputusan mereka, tetapi kemenangan Grayscale mungkin menjadi tanda positif untuk masa depan Bitcoin ETF.

Kesimpulan

Meskipun tren historis menunjukkan bahwa September seringkali adalah bulan yang kurang menguntungkan untuk Bitcoin, itu bukan berarti kita harus langsung pesimis.

Faktor eksternal seperti keputusan ETF dan dinamika pasar yang cepat berubah bisa saja mempengaruhi tren ini.

Baca Juga: SEC Tunda Keputusan ETF Bitcoin: Apa Alasannya?

Jadi, jika kamu adalah trader atau investor, tetaplah waspada dan perhatikan sinyal-sinyal yang mungkin mempengaruhi pergerakan harga Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: