8 Tren Dominan di Pasar Crypto 2024

8 Tren Dominan di Pasar Crypto 2024

Tahun 2024 diprediksi akan menjadi tahun yang penuh gebrakan dalam dunia crypto. Binance baru saja mengungkap delapan narasi utama yang akan membentuk masa depan pasar crypto. Berikut adalah 8 tren di pasar crypto 2023 yang tidak boleh kamu lewatkan!

1. Dominasi Bitcoin Berlanjut

Bitcoin terus menegaskan dominasinya di pasar crypto. Tahun 2023 ditandai dengan langkah besar dalam perjalanan Bitcoin, termasuk inovasi seperti token Ordinals dan BRC-20 serta pendirian ETF Bitcoin spot. Halving Bitcoin pada tahun 2024 sangat dinantikan dan diperkirakan akan meningkatkan aktivitas dan volatilitas di sekitar Bitcoin.

Aset digital seperti Ordinals dan token BRC-20 berpotensi mengalami perubahan dramatis karena kualitas memecoin-nya dan kapitalisasi pasar yang lebih kecil. Ini menunjukkan bahwa Bitcoin masih akan menjadi pemain utama di pasar crypto.

2. Munculnya Ekonomi Kepemilikan

Ekonomi kepemilikan yang didukung oleh teknologi blockchain sedang mengubah kontrol pengguna atas data dan konten kreatif. Tahun lalu, kita melihat lonjakan dalam infrastruktur jaringan fisik terdesentralisasi (DePin) dan media sosial terdesentralisasi (DeSoc). Platform seperti Friend.tech telah memimpin pertumbuhan substansial dalam DeSoc.

Baca Juga: Market Menghijau, 3 Faktor Pendukung Kenapa Crypto Naik Hari Ini (16/1/24)!

Protokol-protokol ini dianggap memiliki potensi pertumbuhan tinggi karena pasar total yang luas dan kemampuan mereka untuk berkembang cepat melalui strategi pertumbuhan dari bawah ke atas. Proyek-proyek DePin dan DeSoc ini men janjikan kontrol dan peluang monetisasi yang lebih baik bagi pengguna atas aset digital mereka.

3. Integrasi AI dan Cryptocurrency

startup fintech koree
The image created by AI

Narratif yang berkembang lainnya adalah integrasi Kecerdasan Buatan (AI) dengan cryptocurrency. Dipicu oleh daya tarik global ChatGPT dari OpenAI pada tahun 2023, sinergi ini membuka jalan baru dalam otomatisasi perdagangan, analitik prediktif, dan manajemen data.

Seiring AI berpadu dengan ekosistem crypto, ia berpotensi mendemokratisasi pelatihan model AI. Ini juga berpotensi meningkatkan transparansi dan keamanan melalui penyimpanan terdesentralisasi, yang semakin jelas terlihat.

4. Tokenisasi Aset Dunia Nyata

Tokenisasi Aset Dunia Nyata (RWA) sedang merevolusi utilitas blockchain. Proses ini membawa aset di luar rantai ke blockchain, meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam prosesnya.

Baca Juga: 5 Meme Coin Solana yang Patut Diperhatikan di 2024!

Pada tahun 2024, treasury yang ditokenisasi, didorong oleh suku bunga yang meningkat, muncul sebagai sumber hasil yang menarik bagi investor crypto. Selain itu, adopsi institusional yang dipercepat dari RWA, bersama dengan kemajuan dalam infrastruktur terkait seperti identitas terdesentralisasi dan oracle, kemungkinan akan memperkuat tren ini.

5. Perhatian pada Likuiditas On-Chain

Mengenai likuiditas on-chain, komponen fundamental dari ekosistem DeFi, Binance percaya bahwa evolusi signifikan sedang berlangsung. Model likuiditas canggih, seperti Concentrated Liquidity Market Maker (CLMM) Uniswap V3 dan sistem Request for Quote (RFQ), sedang membentuk ulang sektor pasar ini.

Model-model ini, yang dirancang untuk mengatasi tantangan seperti Impermanent Loss dan Just-In-Time liquidity, menunjukkan peningkatan kecanggihan dan potensi dalam perdagangan on-chain. Selain itu, mereka diharapkan meningkatkan skala dan aksesibilitas aktivitas keuangan on-chain.

6. Adopsi Institusional yang Dipercepat

saham perusahaan bitcoin
The image created by AI

Bersamaan dengan evolusi likuiditas on-chain adalah adopsi institusional cryptocurrencies yang dipercepat. Selain itu, masuknya manajer aset berat seperti BlackRock dan Fidelity ke pasar crypto menandakan keyakinan yang kuat pada potensi jangka panjang industri ini.

Baca Juga: 5 Crypto Paling Potensial di 2024!

Halving Bitcoin yang akan datang kemungkinan akan menarik lebih banyak pemain institusional ke industri crypto. Studi CoinShare mengungkapkan bahwa biaya produksi rata-rata per Bitcoin pasca-halving kemungkinan akan naik menjadi antara $27.900 dan $37.800. Ini akan menempatkan hanya beberapa penambang untuk tetap menguntung, lebih lanjut mempengaruhi pasar mata uang kripto.

7. Keamanan Tetap Menjadi Prioritas Utama

Di tengah perkembangan yang menarik ini, keamanan tetap menjadi perhatian utama. Industri telah membuat langkah yang patut dipuji dalam meningkatkan langkah-langkah keamanan, seperti yang dibuktikan oleh penurunan eksploitasi DeFi. Namun, fokus pada memperkuat pertahanan tetap tidak tergoyahkan.

8. Abstraksi Akun Menjadi Lebih Penting

Akhirnya, pentingnya abstraksi akun mulai mendapat perhatian. Ini adalah langkah penting dalam membuat teknologi blockchain lebih mudah diakses dan inklusif. Inovasi di ruang ini, terutama dalam menciptakan dompet kontrak pintar yang ramah pengguna, diatur untuk merevolusi cara pengguna melakukan aktivitas on-chain.

Dengan persaingan yang intens di antara penyedia dompet, kemajuan cepat di area ini diantisipasi. Terakhir, komunitas crypto dan pengembang percaya bahwa abstraksi akun dapat membuka jalan bagi miliaran pengguna berikutnya untuk bergabung dengan sektor Web3.

Kesimpulan

Tahun 2024 menjanjikan banyak perubahan dan inovasi dalam dunia crypto. Dari dominasi Bitcoin yang berlanjut hingga integrasi AI dan tokenisasi RWA, tren-tren ini tidak hanya akan membentuk masa depan pasar crypto, tetapi juga akan membawa dampak yang signifikan bagi dunia keuangan secara keseluruhan. Ini adalah waktu yang menarik bagi kamu yang terlibat dalam dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: