3 Tren Crypto Terbaru 2023: Inovasi Ethereum Layer 2, Liquid Staking hingga Abstraksi Akun

author:

3 Tren Crypto Terbaru 2023: Inovasi Ethereum Layer 2, Liquid Staking hingga Abstraksi Akun

Tahun 2023 menandai era baru dalam dunia crypto, di mana berbagai inovasi dan tren muncul, membentuk masa depan industri ini. Dari peningkatan Ethereum hingga kebangkitan SocialFi, berikut tren crypto utama di 2023, dirangkum dari cuitan akun Andrew. Moh.

Ethereum – Layer 2: Masa Depan Lebih Cepat dan Efisien

Upgrade Ethereum ke “Proof-of-Stake” telah membuat jaringan ini lebih ramah pengguna. Data Ultrasound.money menunjukkan tingkat deflasi 0,39% per tahun dengan laju pembakaran 1.327K ETH per tahun.

statistik ethereum 2023

(Sumber: Twitter | @andrew.moh)

Upgrade Ethereum selanjutnya, Dencun, bertujuan meningkatkan kecepatan pemrosesan transaksi yang diharapkan mencapai 100.000 tx/detik dengan EIP-4844 (Proto-Danksharding). Upgrade ini nantinya akan mendistribusikan aliran dana lintas Layer 2.

Sementara itu, STIP Arbitrum telah menarik 29 proyek, diikuti dengan pembaruan Stylus. Sistem Arbitrum mengalami rebound pada September dan awal Oktober.

Tahun ini, Optimism juga meluncurkan Superchain untuk memaksimalkan interoperabilitas dan komposabilitas antar rantai menggunakan OP Stack. Selain itu, selama gelombang FOMO upgrade ETH, solusi L2 seperti zkSync, Starknet, Linea, Base, dan lainnya akan menerapkan rencana pengembangan jaringan yang substansial. Perang L2 tampaknya menjadi salah satu hal menarik yang mungkin membantu pasar menuju musim bullish.

Liquid Staking : Revolusi Baru di Dunia DeFi

Staking, proses di mana pengguna harus mengunci aset mereka untuk periode waktu tertentu, memberi pengguna imbalan dalam bentuk token tertentu. LSD saat ini menjadi kategori DeFi terbesar dengan $25,21 miliar TVL.

Token LSD mewakili aset pemegang token yang di-stake dan dapat digunakan dalam protokol DeFi lain untuk perdagangan dan peminjaman. Meski mendapat perhatian lebih sedikit di Q3 2023 ini, dibandingkan dengan Q1 dan Q2, data menunjukkan narasi ini masih yang paling “panas”.

Menurut akun Twitter @defi_mochi, TVL LSD telah melonjak secara signifikan. PrismaFi, proyek LSD, mendapatkan TVL $300 juta dalam waktu kurang dari 24 jam setelah peluncuran governance tokennya.

tvl lsd

(Sumber: Twitter | @defi_mochi)

Abstraksi Akun: Jalan Menuju Adopsi Massal

Abstraksi Akun (AA) dilihat sebagai jalur menuju adopsi massal. AA adalah proposal upgrade Ethereum (EIP-4337) yang ditekankan oleh Vitalik Buterin selama Konferensi Komunitas Ethereum (ETHCC) pada Juli lalu. Implementasi AA meningkatkan pengalaman pengguna di Ethereum, dengan dompet pengguna menjadi kontrak pintar yang menggabungkan keuntungan berbagai tipe dompet untuk penggunaan yang lebih mudah dan nyaman.

Pada awal Agustus, @OKX – bursa yang diperkirakan akan menjadi pemimpin dalam lonjakan bull mendatang, menggabungkan teknologi AA ke dalam Dompet OKX, membuka jalan untuk fungsionalitas yang ditingkatkan.

Tahun 2023 membawa perubahan signifikan dalam dunia crypto, dengan tren seperti Ethereum Layer 2, Liquid Staking, dan Abstraksi Akun yang berpotensi membentuk masa depan industri ini. Inovasi-inovasi ini tidak hanya menandai kemajuan teknologi, tetapi juga membuka peluang baru bagi para investor dan pengguna di seluruh dunia.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.