‘Travel Rule’ Crypto Berlaku di Inggris: Ini yang Harus Diketahui!

‘Travel Rule’ Crypto Berlaku di Inggris: Ini yang Harus Diketahui!

Mulai 1 September 2023, bisnis aset crypto di Inggris kini harus menahan transfer crypto tertentu untuk mematuhi Travel Rule crypto baru yang diberlakukan.

Aturan ini, yang pertama kali diperkenalkan oleh Financial Conduct Authority (FCA) pada 17 Agustus 2023, mengharuskan penyedia layanan aset virtual (VASP) yang berbasis di Inggris untuk “mengumpulkan, memverifikasi, dan berbagi informasi” terkait transfer aset crypto. Tujuannya adalah untuk memerangi pencucian uang dan memperkuat integritas transaksi aset virtual.

Simak berita lengkapnya berikut ini!

Langkah Pencegahan terhadap Money Laundering dan Aktivitas Ilegal

travel rule crypto inggris
Sumber: Akun Twitter The FCA

Travel Rule Crypto bertindak sebagai langkah pencegahan terhadap pencucian uang dan aktivitas ilegal dalam dunia aset virtual.

VASP dan lembaga keuangan yang berpartisipasi dalam transfer aset virtual wajib mengumpulkan, menyimpan, dan mentransmisikan data asal dan tujuan penting selama transaksi. Data ini harus dibagikan dengan cepat dan aman untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas.

Baca Juga: Mastercard Luncurkan ‘Mastercard Crypto Credential’, Solusi Verifikasi Pengguna Web3!

Tantangan dan Kebutuhan untuk Keselarasan Regulasi Global

Dilansir dari Cointelegraph, Aja Heise, Senior Compliance Officer di XBTO, mengatakan bahwa implementasi Aturan Perjalanan oleh FCA di Inggris adalah langkah yang patut diapresiasi untuk membantu mengatasi pencucian uang, tetapi juga merupakan contoh dari jaringan regulasi yang semakin kompleks yang harus diikuti oleh lembaga.

Dia menekankan bahwa diperlukan keselarasan dan kejelasan regulasi secara global, serta investasi dalam pendidikan, pendanaan, infrastruktur teknologi, pertumbuhan ekosistem, dan pengembangan.

Baca Juga: Merasa Tertinggal, Mantan Ketua Kementerian Keuangan Inggris Berambisi Jadi Negara Pusat Crypto

Peran Penting Pihak Ketiga dalam Kepatuhan

vasp travel rule crypto
Sumber: Notabene

Jordan Wain, UK Public Policy Lead di Chainalysis, menambahkan bahwa implementasi tetap menjadi tantangan karena perusahaan harus mengidentifikasi transaksi yang relevan, mengumpulkan informasi Travel Rule yang relevan, dan menciptakan cara untuk menunda, menolak, atau memblokir transfer yang tidak memenuhi kriteria yang diperlukan.

Dia menekankan bahwa penyedia pihak ketiga akan memiliki peran penting dalam membantu perusahaan mematuhi setiap tahap aliran transaksi.

Penerapan Travel Rule di Inggris menandai langkah penting dalam upaya untuk mengatasi kejahatan ekonomi dan menciptakan aliran transaksi yang terpercaya. Meskipun ada tantangan yang harus diatasi dan kebutuhan untuk dukungan lebih lanjut dari otoritas, aturan ini menunjukkan komitmen untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam transaksi aset virtual.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: