Transformasi Ethereum 2024: 6 Peningkatan yang akan Mengubah Dunia Crypto!

author:

Transformasi Ethereum 2024: 6 Peningkatan yang akan Mengubah Dunia Crypto!

Tahun 2024 menjadi tonggak penting bagi Ethereum, dengan serangkaian Ethereum Improvement Proposals (EIP) yang siap mengubah landskap crypto. Dari peningkatan efisiensi hingga keamanan, mari kita ulas enam EIP terbesar yang akan membawa Ethereum ke era baru!

EIP-4844 (Proto-Danksharding)

EIP-4844, dikenal sebagai Proto-Danksharding, adalah salah satu peningkatan utama dalam rangkaian EIP Dencun. Peningkatan ini bertujuan untuk mengurangi biaya ketersediaan data di semua lapisan-2, menjanjikan pengurangan biaya gas hingga 100 kali lipat. Ini merupakan langkah besar bagi Ethereum dalam meningkatkan efisiensi dan skalabilitas.

Pengembangan EIP-4844 telah menarik perhatian banyak pengembang, termasuk StarkWare dan Suku. Peningkatan ini diharapkan dapat menurunkan biaya bagi pengguna dan meningkatkan responsivitas aplikasi yang dibangun di atas Ethereum.

Baca juga: Ethereum Siap Mengungguli Bitcoin di 2024? Begini Ulasan dari Analis!

Abstraksi Akun

Abstraksi akun melalui ERC-4337 dan ekstensinya, ERC-6900, merupakan inovasi penting lainnya. ERC-4337, yang diluncurkan pada Maret, memainkan peran penting dalam mengubah pengalaman pengguna Ethereum. Ini memungkinkan transaksi tanpa gas dan login sosial yang aman, mengubah cara kita berinteraksi dengan dompet.

ERC-6900 memperkenalkan konsep “transaksi terdelegasi”, memungkinkan pengguna untuk mendelegasikan kemampuan mengirim transaksi atas nama mereka. Ini meningkatkan efisiensi dan keamanan, serta memberikan fleksibilitas lebih dalam pengelolaan akun.

EIP-1153 (Transient Storage Opcodes)

EIP-1153 bertujuan untuk memperkenalkan mekanisme baru untuk penyimpanan sementara selama eksekusi kontrak pintar. Penyimpanan tradisional di Ethereum bersifat permanen dan mengkonsumsi gas, yang bisa tidak efisien untuk data sementara.

Dengan EIP-1153, kontrak pintar dapat menggunakan penyimpanan sementara yang akan dihapus setelah eksekusi transaksi selesai. Ini dapat mengurangi biaya gas dan memberikan lebih banyak fleksibilitas bagi pengembang dalam mendesain kontrak pintar.

EIP-4788 (Beacon Block Root Commits)

EIP-4788 mengusulkan untuk memasukkan “Beacon Block Root” ke dalam setiap blok EVM. Ini seperti menghubungkan ruang baca dengan sistem katalog utama di perpustakaan, memberikan informasi terkini dan akurat tentang keadaan jaringan.

Perubahan ini sangat bermanfaat bagi protokol staking likuid, jembatan berbasis kontrak pintar, dan solusi restaking. Ini memungkinkan protokol tersebut untuk mengakses data penting langsung dari lapisan konsensus, meningkatkan keamanan dan efisiensi operasional.

Baca juga: Rencana Besar Ethereum 2024, Begini Terobosan Vitalik Buterin!

EIP-5656 (MCOPY Opcode)

EIP-5656 memperkenalkan opcode baru, MCOPY, yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses menyalin data dalam memori selama eksekusi kontrak pintar. Opcode ini diharapkan dapat mengurangi biaya gas yang terkait dengan operasi ini, sambil meningkatkan kinerja.

Dengan operasi memori yang lebih cepat, eksekusi kontrak pintar menjadi lebih cepat, memberikan pengembang lebih banyak alat untuk mengoptimalkan kontrak pintar mereka, terutama saat berurusan dengan struktur data besar atau operasi kompleks yang melibatkan manipulasi memori.

EIP-6780 (Pembatasan SELFDESTRUCT)

EIP-6780 bertujuan untuk membatasi opcode SELFDESTRUCT di Ethereum. Opcode ini memungkinkan kontrak pintar untuk menghapus dirinya dari blockchain, tetapi telah menyebabkan beberapa masalah, termasuk kompleksitas dalam manajemen negara dan potensi kerentanan keamanan.

Dengan membatasi SELFDESTRUCT, Ethereum dapat mengelola ukuran negaranya dengan lebih baik, mengarah pada blockchain yang lebih stabil dan dapat diprediksi. Ini penting untuk skalabilitas jangka panjang dan pemeliharaan jaringan.

Secara keseluruhan, peningkatan Ethereum di tahun 2024 menjanjikan revolusi dalam dunia crypto. Dengan fokus pada efisiensi, keamanan, dan pengalaman pengguna, Ethereum siap untuk memasuki era baru.

Bagi kamu yang tertarik dengan crypto, mengikuti perkembangan ini adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: