Misteri Transfer Bitcoin Senilai Miliaran Rupiah ke Dompet Genesis Satoshi Nakamoto

Misteri Transfer Bitcoin Senilai Miliaran Rupiah ke Dompet Genesis Satoshi Nakamoto

Sebuah transaksi misterius terjadi di dunia crypto, di mana seorang individu tidak dikenal mengirimkan 26,9 BTC atau setara dengan $1,19 juta ke dompet Genesis, dompet pertama yang dibuat oleh pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto.

Transaksi ini menarik perhatian karena terjadi tepat setelah perayaan ulang tahun ke-15 Bitcoin dan dana yang dikirimkan tersebut tidak dapat diambil kembali. Kejadian ini memicu berbagai spekulasi dan teori di kalangan penggemar crypto.

Transaksi Misterius ke Dompet Legendaris

Pada tanggal 5 Januari, sebuah transaksi besar mengejutkan komunitas crypto ketika seorang pengguna anonim mengirimkan 26,9 BTC ke dompet Genesis. Dompet crypto ini memiliki sejarah penting karena merupakan dompet pertama yang ada dalam jaringan Bitcoin.

Menurut platform analitik on-chain Arkham Intelligence, transaksi ini dilakukan melalui serangkaian alamat yang rumit sebelum akhirnya dana tersebut masuk ke dompet Genesis. Sebelum melakukan transfer ke dompet Satoshi Nakamoto, pengirim misterius tersebut menarik hampir 27 BTC dari bursa Binance.

Baca Juga: Misteri Bangkitnya Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin!

Catatan aktivitas dompet tersebut hanya menunjukkan dua transaksi ini, yang menimbulkan pertanyaan tentang motif di balik tindakan tersebut. Binance, sebagai bursa crypto yang memiliki prosedur KYC yang ketat, mungkin mengetahui identitas individu di balik transfer ini.

Spekulasi dan Teori yang Bermunculan

whale bitcoin
Sumber: NewsBTC

Transaksi ini memicu berbagai reaksi dan teori di kalangan pengamat crypto. Seorang direktur Coinbase, Conor Grogan, secara bercanda mengomentari bahwa mungkin saja Satoshi Nakamoto “bangun”, membeli 27 Bitcoin dari Binance, dan menyetorkannya ke dompetnya sendiri, atau seseorang baru saja “membakar” sejuta dolar.

Dompet Genesis, yang dikenal sebagai ciptaan Satoshi Nakamoto, sejak awal hanya mengumpulkan transaksi kecil. Namun, sejak Nakamoto menghilang pada Desember 2010, tidak ada dana yang bergerak dari dompet yang diasosiasikan dengan Nakamoto, termasuk dana dari blok Genesis.

Transaksi terbaru ini meningkatkan saldo dompet menjadi sekitar 99,68 BTC, atau sekitar $4,3 juta dengan nilai tukar saat ini.

Implikasi dan Dampak Transaksi

Beberapa penggemar crypto melihat transaksi ini sebagai penghormatan kepada pencipta Bitcoin, mengingat waktu transaksinya yang berdekatan dengan ulang tahun Bitcoin yang ke-15. Ada juga yang menganggapnya sebagai kesalahan finansial yang besar atau stunt publisitas yang mahal.

Sementara itu, ada pula yang berpikir bahwa ini adalah upaya untuk menciptakan euforia menjelang persetujuan yang diharapkan dari ETF Bitcoin spot oleh SEC di Amerika Serikat. Transaksi ini menambah jumlah BTC di dompet Genesis yang awalnya berisi 50 BTC.

Dengan bertambahnya aliran dana selama bertahun-tahun, dompet ini telah menyaksikan peningkatan saldo yang signifikan. Spekulasi dan teori yang beredar hanya menambah misteri dan daya tarik seputar dompet Genesis dan identitas Satoshi Nakamoto yang sebenarnya.

Paragraf Penutup

Transaksi misterius ini menambah daftar panjang misteri yang mengelilingi Bitcoin dan penciptanya. Apakah ini penghormatan, kesalahan, atau strategi pemasaran, hanya waktu yang akan memberi tahu.

Namun, satu hal yang pasti, kejadian ini telah berhasil menarik perhatian dunia crypto dan menambahkan bab baru dalam sejarah Bitcoin yang penuh teka-teki.

Baca Juga: Bitcoin Pecahkan Rekor! Hashrate Tembus 549 EH/s di Awal 2024

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi