Dompet Bitcoin Pertama Terima Transferan Misterius Senilai $1,17 Juta, Satoshi Nakamoto Kembali?

author:

Dompet Bitcoin Pertama Terima Transferan Misterius Senilai $1,17 Juta, Satoshi Nakamoto Kembali?

Komunitas crypto di seluruh dunia dikejutkan oleh sebuah transaksi yang tidak terduga. Baru-baru ini, seorang pemilik Bitcoin yang tidak dikenal telah mengirimkan sejumlah 26,9 BTC, yang nilainya setara dengan $1,17 juta, ke dompet Bitcoin yang legendaris, Genesis.

Dompet ini dikenal sebagai dompet pertama di jaringan Bitcoin dan diduga dibuat oleh Satoshi Nakamoto. Peristiwa ini memicu berbagai spekulasi dan teori konspirasi di antara para pengguna internet.

Transfer Dana yang Menimbulkan Tanda Tanya

dompet crypto
Sumber: Money

Pada 5 Januari 2024, sekitar pukul 1:52 dini hari waktu Timur AS, dompet Genesis Bitcoin menerima sejumlah uang yang cukup besar.

Baca juga: Bitcoin dan XRP Melonjak: Ramalan Pasar $1,5 Triliun Mengguncang Dunia Crypto!

Dompet yang melakukan pengiriman kini telah kosong, dan biaya transaksi yang dikenakan mencapai $100, yang merupakan jumlah yang lebih tinggi dari biaya transaksi rata-rata. Hal ini menimbulkan pertanyaan di kalangan komunitas tentang identitas pengirim yang misterius tersebut.

Dana yang ditransfer berasal dari transaksi yang melibatkan beberapa langkah, di mana dana dipindahkan dari tiga dompet ke 12 dompet lainnya. Sebagian besar dana tersebut diketahui berasal dari dompet yang memiliki kaitan dengan Binance, salah satu platform analisis blockchain. Keadaan ini semakin memperdalam misteri di balik tujuan dan identitas pengirim.

Spekulasi Tentang Kemungkinan Kembali Satoshi Nakamoto

transfer dompet bitcoin
Sumber: X

Conor Grogan, seorang direktur di Coinbase, menyampaikan melalui X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) bahwa ada dua kemungkinan yang bisa terjadi: Satoshi Nakamoto “terbangun” dan membeli 27 BTC dari Binance, atau ada seseorang yang sengaja “membuang” uang lebih dari satu juta dolar. Transaksi ini bertepatan dengan peringatan 14 tahun Bitcoin, di mana beberapa pengguna memutuskan untuk mengirim BTC ke alamat yang berisi hadiah untuk penambangan blok pertama Bitcoin.

Sejak Satoshi Nakamoto menghilang pada Desember 2010, tidak ada aktivitas yang terdeteksi dari dompet yang dikaitkan dengan mereka, termasuk dompet Genesis. Meskipun secara teori Nakamoto masih mungkin memiliki akses ke kunci pribadi dompet tersebut, namun secara umum dianggap tidak mungkin.

Dengan transaksi yang baru-baru ini, saldo dompet Genesis kini mencapai 99,67 BTC, yang nilainya sekitar $4,3 juta.

Baca juga: Bitcoin Menguat, Era Satoshi Bangkit Kembali!

Dampak Transaksi Terhadap Industri Crypto

Transaksi ini telah memicu perdebatan tentang dampak yang mungkin terjadi pada adopsi dan perkembangan Bitcoin. Ada spekulasi yang menyebutkan bahwa ini mungkin berkaitan dengan persetujuan mendatang dari ETF Bitcoin spot oleh SEC di Amerika Serikat.

Namun, tidak ada bukti yang jelas yang mengaitkan transaksi ini dengan peristiwa tersebut atau dengan aktivitas Satoshi Nakamoto. Transaksi ini juga menyoroti pentingnya menjaga keamanan dalam ekosistem crypto.

Pengguna harus selalu berhati-hati terhadap risiko kehilangan dana jika mereka tidak mengelola kunci pribadi mereka dengan aman. Ini menjadi pengingat bahwa bahkan dompet yang memiliki nilai sejarah pun bisa menjadi sasaran transaksi yang tidak terduga.

Secara keseluruhan, transaksi misterius ini telah menambah cerita dalam sejarah Bitcoin dan meninggalkan komunitas crypto dengan lebih banyak tanya daripada jawaban. Apakah ini sebuah aksi promosi yang canggih, sebuah pesan yang tersembunyi, atau sekadar kesalahan yang mahal, hanya waktu yang akan menjawabnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: