Waspada, Transfer 3 Juta MATIC Picu Kekhawatiran Penurunan Harga!

Waspada, Transfer 3 Juta MATIC Picu Kekhawatiran Penurunan Harga!

Pergerakan aset kripto Polygon (MATIC) baru-baru ini menarik perhatian setelah sejumlah besar token MATIC ditransfer dari dompet yang terkait dengan Hermez Network ke bursa kripto Kraken. Menurut laporan firma analitik blockchain SpotOnChain, sekitar 3 juta token MATIC, senilai $2,85 juta, telah dipindahkan ke bursa kripto tersebut. Dompet tersebut masih menyimpan sekitar 16,8 juta token MATIC, senilai sekitar $16,1 juta. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Transfer ke Bursa: Indikasi Penjualan?

matic transfer ke bursa
Sumber: Akun X Man of Bitcoin

Transfer token MATIC dalam jumlah besar ke bursa kripto sering kali memicu kekhawatiran akan potensi aksi jual. Hal ini wajar karena bursa kripto merupakan tempat di mana aset kripto diperdagangkan dan dijual. Oleh karena itu, ada kekhawatiran bahwa transfer ini menandakan rencana untuk menjual token MATIC dalam jumlah besar, yang dapat berdampak negatif pada harga aset kripto tersebut.

Analis kripto memperkirakan bahwa harga MATIC akan mengalami koreksi yang signifikan. Namun, mereka juga memperkirakan bahwa koreksi ini akan diikuti oleh kenaikan harga. Seorang trader terkemuka mengatakan, “Harga MATIC berada dalam pola diagonal, jadi ada kemungkinan harga sudah berada di wave iv. Idealnya, harga tidak menembus di bawah $0,8328 untuk menjaga tekanan naik tetap hidup.”

Pada saat penulisan artikel ini, harga MATIC telah turun sebesar 1,3% menjadi $0,9218. Penurunan ini kontras dengan kinerja mingguan MATIC yang menunjukkan kenaikan sekitar 10% dalam tujuh hari terakhir.

Baca Juga: Kemajuan Polygon zkEVM: Memasuki Fase Kedua!

Hermez Network dan Polygon Hermez

Tahun lalu, Hermez Network, sebuah proyek open-source Zero Knowledge Rollup, bergabung dengan Polygon. Integrasi ini menyebabkan perubahan nama Hermez menjadi Polygon Hermez. Polygon Hermez berfokus pada teknologi zk-rollup terdesentralisasi, yang bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas pembayaran dan transfer token di blockchain Ethereum.

Penggabungan Hermez Network dengan Polygon diharapkan dapat meningkatkan adopsi dan penggunaan teknologi zk-rollup di ekosistem Polygon. Teknologi zk-rollup memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan lebih murah di blockchain Ethereum, yang dapat memberikan keuntungan bagi pengguna dan pengembang aplikasi terdesentralisasi (dApps) di jaringan Polygon.

Baca Juga: Terobosan Polygon zkEVM: Upgrade Etrog Siap Mengguncang Dunia Crypto!

Alamat Proof-of-Stake Capai ATH

alamat aktif pos
Polygon POS Active Addresses. Sumber: PolygonScan

Di tengah kekhawatiran akan aksi jual MATIC, jaringan proof-of-stake Polygon mencapai rekor tertinggi baru dengan 845.350 alamat aktif harian pada tanggal 16 Februari, menurut data on-chain. Pencapaian ini terjadi 16 bulan setelah rekor tertinggi sebelumnya yang hampir mencapai 800.000 alamat aktif pada bulan Oktober 2022.

Pertumbuhan alamat aktif harian Polygon sejalan dengan tren pertumbuhan yang konsisten dalam jumlah alamat unik Polygon. Sejak awal tahun, lebih dari 11 juta alamat baru telah dibuat, sehingga jumlah total alamat Polygon melampaui 403 juta. Namun, perlu dicatat bahwa meskipun jumlah alamat aktif harian meningkat, volume transaksi harian mengalami penurunan.

Data dari PolygonScan menunjukkan bahwa volume transaksi harian Polygon turun menjadi sekitar 3,8 juta transaksi pada tanggal 16 Februari, turun dari 16,4 juta transaksi yang tercatat pada tanggal 16 November 2023. Penurunan volume transaksi ini dapat menjadi indikasi berkurangnya aktivitas perdagangan dan penggunaan jaringan Polygon.

Kesimpulan

Transfer 3 juta token MATIC dari dompet Hermez Network ke bursa kripto Kraken memicu kekhawatiran akan potensi aksi jual dan penurunan harga MATIC. Analis kripto memperkirakan koreksi harga yang signifikan, tetapi diikuti oleh kenaikan harga. Di sisi lain, jaringan proof-of-stake Polygon mencapai rekor tertinggi baru dalam jumlah alamat aktif harian, meskipun volume transaksi harian mengalami penurunan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi