Transaksi Yuan Digital China Capai $250 Miliar, Tim Penegakan Hukum Diperkuat!

Transaksi Yuan Digital China Capai $250 Miliar, Tim Penegakan Hukum Diperkuat!

Yuan Digital China telah mencatat transaksi hampir $250 miliar sejak awal peluncurannya satu setengah tahun lalu. Gubernur Bank Sentral China, Yi Gang, mengungkapkan bahwa mata uang digital ini telah melakukan transaksi sebesar 1,8 triliun yuan hingga akhir Juni 2023. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pertumbuhan Pesat Yuan Digital dan Potensi Masa Depan

Dilansir dari Bitcoin News, sejak diluncurkan pada Januari 2022, Yuan Digital telah mencatat sekitar 950 juta transaksi dari sekitar 120 juta dompet. Ini berarti rata-rata transaksi sekitar $260.

Menurut Yi, sekitar $2,3 miliar atau 16,5 miliar Yuan Digital beredar hingga akhir Juni. Meski angka ini hanya mewakili 0,16% dari suplai moneter China, pertumbuhan pesat ini menunjukkan potensi besar Yuan Digital di masa depan.

Dengan peningkatan adopsi dan penggunaan, Yuan Digital diharapkan dapat memainkan peran yang lebih besar dalam ekonomi digital China.

Baca Juga: Inovatif! Bank China Uji Coba Sistem Pembayaran Offline CBDC yang Terhubung ke SIM Card

Adopsi dan Penggunaan Yuan Digital: Fokus pada Pembayaran Domestik dan Lintas Batas

Meski adopsi dan kasus penggunaan Yuan Digital terus berkembang, mata uang digital ini masih hanya mewakili 0,16% dari suplai moneter China. Adopsi Yuan Digital masih minimal dibandingkan dengan populasi China yang berjumlah 1,4 miliar orang.

Hingga saat ini, Yuan Digital sebagian besar digunakan untuk pembayaran ritel domestik. Namun, Bank Sentral China juga telah melakukan beberapa uji coba untuk pembayaran lintas batas di Hong Kong, menunjukkan ambisi mereka untuk memperluas penggunaan Yuan Digital di luar batas domestik.

Dengan peningkatan integrasi dan kerjasama dengan negara lain, Yuan Digital berpotensi menjadi alat pembayaran internasional yang signifikan di masa depan.

Baca Juga: Bank Sentral India Eksplor Pembayaran CBDC Lintas Batas, Siap Buka Era Transaksi Internasional Baru?

Upaya Meningkatkan Adopsi Yuan Digital

adopsi yuan digital
Sumber: The Daily Guardian

Bank of China Hong Kong baru-baru ini memulai uji coba skema pembayaran lintas batas lainnya untuk pelanggan Bank of China di beberapa toko ritel di Hong Kong. Uji coba ini dilakukan untuk lebih mempromosikan aplikasi pembayaran lintas batas Yuan Digital. Ini adalah uji coba lintas batas ketiga dari mata uang digital bank sentral China di Hong Kong.

Dengan transaksi hampir $250 miliar, ini menunjukkan peningkatan lebih dari 70% dari angka yang dikutip bank pada Agustus 2022. Meski begitu, jumlah ini masih jauh dari jumlah nilai yang diproses oleh beberapa blockchain publik terbesar di dunia.

Misalnya, Bitcoin memproses $8,2 triliun pada tahun 2022. Namun, perkembangan Yuan Digital ini menunjukkan langkah maju yang signifikan dalam adopsi mata uang digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: