Transaksi XRP Ledger Melonjak Tajam, Apakah Ini Pertanda Baik?

Transaksi XRP Ledger Melonjak Tajam, Apakah Ini Pertanda Baik?

Dalam fenomena yang mengejutkan dunia crypto, XRP Ledger mencatatkan peningkatan transaksi harian hingga 350%. Lonjakan ini mencapai 4,11 juta transaksi dalam 24 jam terakhir, sebuah rekor tertinggi dalam dua tahun terakhir. Kejadian ini memicu berbagai spekulasi dan analisis di kalangan pengguna crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Lonjakan Aktivitas Pengguna

Data terbaru menunjukkan bahwa XRP Ledger tidak hanya mengalami peningkatan jumlah transaksi, tetapi juga pertumbuhan 168% dalam alamat pengirim unik. Jumlah pembayaran antar akun pun melonjak hingga 3,2 juta, angka yang belum pernah terjadi sejak November 2019. Lonjakan ini terjadi secara tiba-tiba dan mengejutkan banyak pihak.

Proyek XRP Script yang baru-baru ini diluncurkan menjadi pemicu utama lonjakan ini. Proyek ini memungkinkan pengguna untuk membuat inskripsi di XRP Ledger, yang pada dasarnya menciptakan artefak digital yang dikenal sebagai NFT. Inisiatif ini dengan cepat diterima oleh pasar, sehingga membanjiri XRP Ledger dengan transaksi inskripsi “XRP20”.

Baca Juga: XRP Ledger Capai Tonggak Sejarah dengan 82 Juta Ledger, Apa Artinya Bagi Ekosistem Ripple?

Proyek XRP Script dan Dampaknya

proyek xrp script
Sumber: Akun X Richard AH

XRP Script memungkinkan pengguna untuk menyematkan data sembarang ke dalam XRP drops, denominasi terkecil dari XRP. Hal ini serupa dengan cara inskripsi bekerja pada Bitcoin dengan satoshis. Namun, kegembiraan pasar terhadap fitur baru ini menyebabkan beban berlebih pada XRP Ledger, sebuah fenomena yang juga terlihat pada jaringan lain yang mengadopsi inskripsi.

Para pengembang XRPL terkemuka memberikan tanggapan mereka terhadap situasi ini. CTO XRPL Labs mengecam proyek tersebut sebagai spam yang tidak masuk akal, sementara Neil Hartner dari Ripple menyoroti penangguhan pencetakan inskripsi XRPL. Meskipun demikian, spam transaksi tetap berlanjut, menunjukkan ketahanan jaringan terhadap beban transaksi yang tinggi.

Baca Juga: XRP Ledger dan Ripple Tembus Rekor Baru dengan 83 Juta Blok

Kesimpulan dan Implikasi

Kejadian ini menimbulkan pertanyaan tentang keseimbangan antara inovasi dan stabilitas jaringan. Inovasi seperti inskripsi memang dapat meningkatkan utilitas dan minat terhadap blockchain, namun juga menimbulkan tantangan terkait dengan kemacetan dan pengelolaan jaringan yang efisien. XRP Ledger menjadi contoh nyata dari bagaimana crypto dan teknologi yang mendukungnya terus berkembang.

Peristiwa ini juga mengingatkan bahwa sektor crypto dapat mengalami perubahan yang tidak terduga, menekankan pentingnya untuk selalu mengikuti tren dan perkembangan terbaru di pasar. Inovasi dapat menawarkan peluang baru, tetapi juga harus dikelola dengan hati-hati agar tidak mengganggu fungsi dan efisiensi jaringan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: