Transaksi Whale XRP Melonjak 198% di Tengah Kemerosotan Harga

author:

Transaksi Whale XRP Melonjak 198% di Tengah Kemerosotan Harga

XRP, mata uang digital yang sempat populer, baru-baru ini mengalami lonjakan aktivitas transaksi whale sebesar 198% dalam 24 jam terakhir, mengutip laporan Crypto News (31/1/24).

Fenomena ini terjadi di tengah penurunan harga XRP yang signifikan, hingga mencapai level support $0,51. Data dari Santiment mengonfirmasi peningkatan keterlibatan whale XRP, dengan transaksi senilai minimal $100.000 menunjukkan penurunan pada 27 dan 28 Januari, tetapi kemudian mengalami peningkatan pada 29 Januari 2024.

Lonjakan Transaksi Whale XRP

Harga XRP, volume sosial, dan aktivitas whale – 31 Januari | Sumber: Santiment

Baca juga: Ripple Labs Pindahkan 27 Juta XRP, Harga Siap-siap Anjlok?

Lonjakan transaksi whale XRP yang signifikan ini terjadi pada 29 Januari 2024, bertepatan dengan kenaikan harga Bitcoin. XRP sempat menguji ulang level $0,54 untuk pertama kalinya dalam seminggu, mendorong transaksi senilai minimal $100.000 naik menjadi 613.

Meski begitu, XRP menghadapi resistensi kuat di level psikologis $0,54, yang mengakibatkan penurunan harga yang substansial.

Penurunan harga ini diperparah oleh melemahnya pasar yang lebih luas, sehingga tekanan jual pada XRP semakin meningkat.

Aktivitas Sosial XRP Meningkat

Di tengah penurunan harga yang berkelanjutan, transaksi XRP senilai $100.000 dan lebih tinggi menunjukkan lonjakan yang signifikan, mencapai puncak tahunan 1.827 pada 30 Januari.

Peningkatan tajam ini mewakili kenaikan 198% dibandingkan dengan nilai yang diamati pada 29 Januari. Bersamaan dengan lonjakan transaksi besar, aktivitas sosial XRP juga mengalami peningkatan yang setara.

Menurut Santiment, volume sosial untuk XRP telah melonjak sebesar 105% dalam 24 jam terakhir, mencapai level tertinggi tahunan.

Baca juga: Ripple Bersiap Luncurkan ETF XRP, Apa Dampaknya Bagi Investor?

XRP Berjuang Mempertahankan $0,51

harga xrp
Sumber: X

Meskipun terjadi lonjakan transaksi besar dan aktivitas sosial, XRP masih berjuang untuk mempertahankan level support $0,51. Setelah penurunan pada 30 Januari, XRP terus mengalami kesulitan untuk bertahan di atas level tersebut.

Perjuangan ini terjadi meskipun ada kemajuan terbaru dalam ekosistem XRPL, seperti pembaruan jaringan ke v.2.0.1 dan dukungan yang meningkat di antara validator untuk fitur AMM asli.

Namun, kurangnya dukungan dari pasar yang lebih luas menyebabkan XRP jatuh ke level $0,5022 pada 31 Januari. Meskipun XRP segera pulih dari penurunan ini, aset tersebut masih kesulitan untuk mempertahankan level support $0,51.

Per 31 Januari 2024, XRP saat ini diperdagangkan pada $0,5095, dengan tekanan jual yang kuat berusaha untuk mendorong harga di bawah $0,50.

Jika level $0,50 ditembus, level support berikutnya berada di $0,4962. Untuk mempertahankan level support $0,51, XRP harus mencatatkan pergerakan yang terukur di atas $0,5264.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: