Transaksi Misterius Ripple: 400 Juta XRP Dilepas, Harga Crypto Anjlok

Transaksi Misterius Ripple: 400 Juta XRP Dilepas, Harga Crypto Anjlok

Dunia crypto kembali digemparkan dengan berita mengejutkan dari Ripple. Platform pembayaran digital ini baru saja melepas 400 juta token XRP, senilai sekitar $217 juta, ke pasar. Transaksi tak biasa ini langsung menjadi sorotan dan menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan komunitas crypto.

Transaksi Misterius Ripple: 400 Juta XRP Dilepas

Transaksi besar Ripple ini terungkap melalui laporan Whale Alert, sebuah platform pemantau aktivitas blockchain. Menurut laporan tersebut, Ripple melakukan transaksi pelepasan 400 juta token XRP pada hari ini. Nilai transaksi tersebut diperkirakan mencapai $217 juta. Yang membuat transaksi ini menjadi misterius adalah waktunya yang tidak biasa.

Baca Juga: XRP Melonjak: Analis Prediksi Harga Tembus $200

Biasanya, Ripple melepaskan sekitar 1 miliar token XRP dari dompet crypto escrow-nya pada hari pertama setiap bulan. Namun, pada bulan Februari lalu, hanya 500 juta token XRP yang dikunci dalam escrow. Hal ini membuat banyak anggota komunitas berspekulasi tentang sifat transaksi tersebut.

Pelepasan token XRP ini merupakan bagian dari strategi Ripple untuk memastikan transparansi dan prediktabilitas dalam rantai pasokan XRP. Dengan membatasi jumlah token yang beredar di pasar, Ripple berusaha mengurangi risiko manipulasi pasar dan menjaga stabilitas nilai XRP.

Satoshi Nakamoto Puji Ripple

satoshi nakamoto
Sumber: Coinlive

Di tengah berita pelepasan 400 juta XRP yang mengejutkan, muncul kabar menarik lainnya dari dunia crypto. Sebuah email lama yang ditemukan baru-baru ini mengungkapkan bahwa Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin yang misterius, ternyata mengagumi proyek Ripple.

Dalam email tersebut, Nakamoto bertukar pikiran dengan Martti Malmi, salah satu kontributor awal Bitcoin. Dalam percakapan tersebut, Malmi membahas tentang Ripple dan potensinya sebagai sebuah inovasi dalam sistem mata uang digital terdesentralisasi.

Nakamoto pun mengungkapkan ketertarikannya pada pendekatan unik Ripple dalam menyebarkan kepercayaan di seluruh jaringannya. “Ripple menarik karena merupakan satu-satunya sistem lain yang melakukan sesuatu dengan kepercayaan selain memusatkannya ke dalam server pusat,” komentar Nakamoto. Pengungkapan kekaguman Nakamoto terhadap Ripple ini memberikan perspektif baru tentang sejarah awal revolusi mata uang crypto, jauh sebelum Bitcoin muncul.

Harga XRP Terus Merosot

Meskipun mendapat pujian dari Nakamoto, harga XRP saat ini sedang mengalami penurunan. Kripto yang sempat mencapai titik tertinggi sepanjang masa di $3,40 pada Januari 2018 ini kini diperdagangkan di sekitar $0,53. Penurunan harga XRP ini tentu saja menjadi pukulan bagi para pemegangnya.

Namun, di tengah penurunan harga ini, masih ada harapan bagi XRP. Co-founder Ripple, Arthur Britto, pernah membuat prediksi berani bahwa XRP bisa mencapai harga $10.000. Prediksi ini tentu saja menjadi motivasi bagi para pemegang XRP untuk tetap bertahan.

Penutup

Transaksi misterius Ripple yang melepaskan 400 juta XRP telah mengguncang dunia kripto. Meskipun menimbulkan banyak pertanyaan, transaksi ini juga menjadi bukti bahwa Ripple masih menjadi pemain penting dalam industri mata uang digital.

Di sisi lain, penurunan harga XRP saat ini tentu saja menjadi tantangan bagi Ripple dan para pemegangnya. Namun, dengan potensi yang dimilikinya, XRP masih berpeluang untuk bangkit dan mencapai harga yang lebih tinggi di masa depan.

Baca Juga: Harga Shiba Inu: Akankah Bertahan di Atas $0,00001 Hingga Akhir Februari?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi