Transaksi Layer-2 Menyumbang Sebesar 60% dari Semua Aktivitas Ethereum di Q3!

author:

Transaksi Layer-2 Menyumbang Sebesar 60% dari Semua Aktivitas Ethereum di Q3!

Pada kuartal ketiga tahun ini, jaringan Layer-2 Ethereum mencapai puncak popularitasnya dengan menguasai 61% dari total transaksi. Laporan terbaru dari Messari mengungkapkan bahwa lonjakan aktivitas ini dipicu oleh peluncuran Base yang fenomenal dan popularitas tak terduga dari platform token sosial Friend.tech.

Ledakan Aktivitas di Jaringan Layer-2

transaksi jaringan layer-2 ethereum
Sumber: Messari

Kunal Goel, analis penelitian senior dari Messari, mengungkapkan bahwa pertumbuhan pesat Base dan Friend.tech telah mengubah dinamika transaksi di jaringan Ethereum. Base, yang diinkubasi oleh Coinbase, telah menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan sejak peluncurannya pada awal Agustus.

Baca juga: Ethereum Foundation Baru Saja Menjual ETH Senilai $2,76 Juta, Bagaimana Dampaknya?

Menurut data dari Dune dashboard oleh 21.co, nilai total yang terkunci (TVL) di Base mencapai $448 juta, menempatkannya di posisi empat besar solusi Layer-2, di belakang Arbitrum, Optimism, dan zkSync Era.

Goel menjelaskan bahwa aplikasi baru seperti Base seringkali menghadapi masalah awal yang sulit, namun berkat Friend.tech, banyak pengguna dan dana berhasil ditransfer.

“Pengguna membutuhkan pengembang untuk membuat aplikasi yang baik, dan pengembang membutuhkan pengguna yang mau menggunakan aplikasi mereka,” kata Goel.

Dominasi Arbitrum dan Potensi Jaringan Layer-2

dominasi arbitrum
Sumber: Messari

Meski Base dan Optimism telah meraih banyak pengguna, Arbitrum masih memimpin dalam hal penggunaan, dengan rata-rata 600.000 transaksi harian. Namun, Base dan Optimism telah berhasil menggerus dominasi Arbitrum, dengan transaksi di jaringan Arbitrum turun 36% selama kuartal ketiga.

Dalam hal TVL, Arbitrum masih memimpin dengan $4,22 miliar, hampir tiga kali lipat dari Optimism yang memiliki $1,27 miliar. Namun, kapitalisasi pasar kedua platform ini telah berubah-ubah, dengan Arbitrum saat ini unggul $30 juta, dengan nilai saat ini sebesar $1,067 miliar menurut Coingecko.

Baca juga: Pantera Capital: Arbitrum Jadi Mesin Pertumbuhan Ethereum yang Tak Terhentikan!

Masa Depan Transaksi di Jaringan Layer-2

Goel mengungkapkan bahwa dominasi transaksi Layer-2 atas Ethereum bukanlah hal yang mengejutkan. Ia menjelaskan bahwa pandangan jangka panjang selalu menunjukkan bahwa transaksi Layer-2 akan melampaui transaksi di jaringan utama Ethereum.

Hal ini menjadi jelas selama pasar bullish 2020-2021, ketika ruang blok Ethereum saja tidak cukup untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. Eliezer Ndinga, kepala penelitian untuk 21.co, setuju dengan pandangan ini, dengan mengatakan bahwa prediksi dominasi Layer-2 sejalan dengan keterbatasan skala blockchain.

Ia juga optimis bahwa solusi Layer-2 akan menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan, terutama saat institusi keuangan terkemuka mulai mengadopsi teknologi ini.

Meski pasar bearish dan minat yang rendah di ruang crypto, solusi Layer-2 diposisikan sebagai kekuatan besar di ruang crypto, dengan kapitalisasi pasar dan adopsi mereka diharapkan terus tumbuh. Dengan biaya transaksi yang lebih rendah, Layer-2 diharapkan akan menarik lebih banyak aktivitas, terutama dalam transaksi berkecepatan tinggi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: