Kalahkan BTC dan LTC, Transaksi Harian Dogecoin (DOGE) Meroket, Kok Bisa?

author:

Kalahkan BTC dan LTC, Transaksi Harian Dogecoin (DOGE) Meroket, Kok Bisa?

Dogecoin (DOGE), aset crypto yang awalnya dibuat sebagai lelucon, kini membuat gelombang besar di dunia crypto. Dalam perkembangan yang mengejutkan, jumlah transaksi harian Dogecoin (DOGE) kini telah melampaui Bitcoin (BTC) dan Litecoin (LTC), dua raksasa crypto yang telah lama mendominasi pasar.

Dogecoin Mengalahkan Bitcoin dalam Transaksi Harian

Twitter

Dogecoin (DOGE) telah membuat kemajuan luar biasa dalam beberapa bulan terakhir. Terbukti dari data yang diunggah melalui akun Twitter Mishaboar (15/5/23) yang menunjukkan bahwa jumlah transaksi harian Dogecoin (DOGE) telah meroket ke all time high-nya, dengan angka 650.000 melampaui Bitcoin (BTC).

Menurut laporan, hal ini merupakan prestasi yang signifikan, mengingat Bitcoin (BTC) telah lama dianggap sebagai “emas digital” dan aset crypto utama dalam hal nilai pasar.

Selain itu, kenaikan tajam dalam jumlah transaksi harian Dogecoin (DOGE) menunjukkan bahwa aset crypto ini semakin populer di kalangan pengguna dan investor. Ini juga menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang menggunakan Dogecoin (DOGE) untuk transaksi sehari-hari, baik untuk pembayaran barang dan jasa atau sebagai bentuk investasi.

Baca juga: Berawal Dari Meme, Berapa Harga Awal Dogecoin (DOGE)?

Namun, meski Dogecoin (DOGE) melampaui Bitcoin (BTC) dalam jumlah transaksi harian, ini tidak berarti bahwa Dogecoin (DOGE) telah menggantikan Bitcoin (BTC) sebagai aset crypto utama, karena Bitcoin (BTC) masih memiliki nilai pasar yang jauh lebih besar dibandingkan Dogecoin dan masih dianggap sebagai standar emas di dunia crypto.

Dogecoin Melampaui Litecoin dalam Jumlah Transaksi Harian

Tidak hanya melampaui Bitcoin (BTC), Dogecoin (DOGE) juga telah melampaui Litecoin (LTC) dalam jumlah transaksi harian. Litecoin, yang sering dianggap sebagai “perak digital” dan merupakan salah satu aset crypto tertua, kini telah jatuh di belakang Dogecoin dalam hal aktivitas transaksi.

Peningkatan jumlah transaksi harian Dogecoin dibandingkan dengan Litecoin menunjukkan bahwa Dogecoin semakin populer di kalangan pengguna dan investor. Faktor yang mungkin berkontribusi terhadap popularitas ini termasuk harganya yang relatif rendah dibandingkan dengan Bitcoin dan Litecoin, serta popularitasnya di kalangan selebriti dan pengguna media sosial.

Apa yang Mendorong Kenaikan Dogecoin?

Harga Awal Dogecoin

Menurut laporan, ada beberapa faktor yang mungkin telah mendorong kenaikan jumlah transaksi harian Dogecoin. Berdasarkan cuitan di atas, kenaikan transaksi harian Dogecoin tersebut dikarenakan orang-orang mencoba menjejalkan token (DRC20 “standar”) dan hal-hal lain di atas jaringan Dogecoin.

Mengutip laporan Benzinga, token DRC-20, seperti token BRC-20, memungkinkan pengguna untuk menuliskan artefak digital pada setiap unit terkecil yang tidak dapat dibagi dari DOGE tanpa memerlukan sidechain atau token terpisah. Inskripsi dapat berisi konten arbitrer, yang dapat membuat artefak digital asli Dogecoin.

Tidak hanya itu, kenaikan Dogecoin juga didorong karena kepopulerannya yang meningkat di kalangan selebriti dan pengguna media sosial. Dogecoin telah mendapatkan dukungan dari beberapa tokoh terkenal, termasuk Elon Musk, yang sering mempromosikan aset crypto ini di Twitter.

Baca juga: Elon Musk Ganti Logo Twitter, Harga Dogecoin (DOGE) Meroket 23%!

Selain itu, harga Dogecoin yang relatif rendah dibandingkan dengan Bitcoin dan Litecoin mungkin juga telah mendorong lebih banyak orang untuk berinvestasi dan menggunakan aset crypto ini. Dengan harga yang lebih terjangkau, Dogecoin mungkin tampak lebih menarik bagi investor dan pengguna baru di dunia crypto.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: