Transaksi Mingguan Bitcoin (BTC) Capai Rekor Baru Sejak 2017, Gara-gara Apa?

author:

Transaksi Mingguan Bitcoin (BTC) Capai Rekor Baru Sejak 2017, Gara-gara Apa?

Bitcoin (BTC), mata uang digital yang terus meningkat popularitasnya, kembali mencatat rekor baru. Pada hari Senin (1/5/23), laporan Coindesk mencatat bahwa terdapat lebih dari 372.000 inskripsi unik di blockchain Bitcoin, dimana 371.000 di antaranya berbasis teks.

Lantas, seberapa penting inskripsi ini bagi industri crypto?

Apa Itu Bitcoin Ordinals dan Inskripsi?

Secara mudah, Bitcoin Ordinals adalah sebuah platform yang memungkinkan pembuatan NFT atau Inscription di jaringan Bitcoin. Ordinals juga dapat dijadikan sebuah sebutan untuk setiap NFT yang diciptakan di Bitcoin.

Dalam beberapa bulan terakhir, Bitcoin Ordinals telah mencatat peningkatan pesat dengan inskripsi yang mencapai 3 juta pada bulan Mei 2023.

Lebih lanjut, inskripsi ini mengacu pada pesan-pesan teks yang dikirim oleh pengguna Bitcoin bersama dengan transaksi, dan biasanya berisi pesan pribadi atau tanda terima.

Baca juga: NFT Populer Solana, ‘DeGods’ Bergabung Dengan Tren Bitcoin Ordinals

Tren Peningkatan Inskripsi Bitcoin

Peningkatan jumlah inskripsi Bitcoin mencerminkan semakin meningkatnya penggunaan Bitcoin (BTC) di seluruh dunia. Menurut laporan terbaru, jumlah inskripsi Bitcoin (BTC) telah mencapai 27 juta, dan jumlah ini terus meningkat setiap minggunya.

Peningkatan inskripsi Bitcoin – Dune

Angka tersebut menunjukkan bahwa Bitcoin (BTC) semakin populer di kalangan masyarakat dan semakin banyak digunakan sebagai alat pembayaran dan investasi.

Meski begitu, di sisi lain, banyak ahli crypto menganggap tren ini sebagai tanda bahwa pasar sedang mengalami gelembung, dan hanya terjadi untuk sementara waktu saja.

Sementara itu, perusahaan analisis blockchain IntoTheBlock melaporkan bahwa rata-rata mingguan transaksi harian Bitcoin (BTC) juga telah mencapai sekitar 396.000 pada minggu lalu, menandai tingkat transaksi mingguan tertinggi sejak Desember 2017.

transaksi harian bitcoin
Twitter

Dalam cuitannya pada 30 April 2023, Into The Block mengatakan bahwa “Meningkatnya jumlah transaksi harian menunjukkan meningkatnya penggunaan aktif blockchain Bitcoin.”

Dampak Inscription Bitcoin pada Industri Crypto

crypto yang naik hari ini 3 mei 2023

Peningkatan jumlah inskripsi Bitcoin dapat memberikan beberapa dampak pada industri crypto. Salah satunya adalah meningkatkan transparansi dan keamanan dalam transaksi Bitcoin.

Dengan adanya inskripsi, para pengguna Bitcoin (BTC) dapat dengan mudah menambahkan informasi tambahan atau pesan pribadi ke transaksi mereka, sehingga meningkatkan tingkat kepercayaan antara pengguna dan sistem.

Di sisi lain, peningkatan jumlah inskripsi Bitcoin juga dapat memperlambat waktu transaksi dan meningkatkan biaya transaksi. Hal ini dapat terjadi jika inskripsi tersebut mengandung data yang lebih besar dari ukuran transaksi standar.

Oleh karenanya, diperlukan keseimbangan antara transparansi dan efisiensi dalam penggunaan inscriptions Bitcoin.

Terlepas dari keseimbangan yang dibutuhkan, beberapa hari yang lalu, Grayscale, sebuah perusahaan investor crypto, mengatakan bahwa Bitcoin Ordinals atau yang biasa dikenal sebagai Bitcoin NFT diyakini dapat memperbaharui antusiasme pengembang terhadap Bitcoin (BTC) sekaligus meningkatkan biaya penambangan.

Simak pernyataan dari Grayscale selengkapnya di Bitcoin Ordinals Diyakini Berdampak Baik untuk BTC, Apa Alasannya?


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: