Transaksi Harian Base Melampaui Ethereum dengan Gebrakan Friend.tech

Transaksi Harian Base Melampaui Ethereum dengan Gebrakan Friend.tech

Base, solusi layer-2 Ethereum yang dikelola dan diluncurkan oleh Coinbase, kini mencatatkan transaksi harian yang lebih banyak daripada Ethereum. Lonjakan ini sebagian besar didorong oleh popularitas aplikasi sosial Friend.tech.

Data Terbaru Tentang Base dan Ethereum

Data dari platform analitik aset digital, Artemis Terminal, menunjukkan bahwa transaksi harian di Base mencapai 1,37 juta, sementara Ethereum mencatatkan sedikit lebih dari 1 juta transaksi.

Apa Itu Base?

Base adalah produk terbaru dari bursa crypto Amerika, Coinbase. Ini adalah solusi penskalaan Ethereum yang bertujuan untuk mempercepat, mempermudah, dan memurahkan proses pembuatan aplikasi oleh pengembang.

Baca Juga: Tren Crypto Friend.Tech Merajalela, Anak John Lennon Ikutan Terjun!

Coinbase menekankan bahwa Base akan terdesentralisasi, dengan peran perusahaan dalam tata kelolanya akan berkurang seiring waktu.

Popularitas Friend.tech

Transaksi Harian Base Melampaui Ethereum dengan Gebrakan Friend.tech
Dune

Friend.tech adalah platform media sosial terdesentralisasi yang dibangun di atas Base dan telah mendapatkan popularitas yang signifikan.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual saham dari profil media sosial teman mereka.

Namun, beberapa ahli, seperti peneliti Ethereum Evan Van Ness dan pemimpin produk Flashbots Robert Miller, menunjukkan bahwa sebagian besar transaksi di Base mungkin berasal dari bot dan spammer yang mencoba mendapatkan keuntungan di Friend.tech.

Kenaikan Transaksi di Base

Dengan meningkatnya popularitas Friend.tech, transaksi di Base meningkat pesat. Sejak peluncurannya, total biaya protokol yang dihasilkan mendekati $6 juta, menurut data DeFi Llama.

Fitur Friend.tech

Platform mobile ini terhubung dengan akun Twitter dan meng-tokenisasikannya. Pengguna yang membeli “kunci” untuk akun lain mendapatkan akses eksklusif ke ruang obrolan pribadi pengguna tersebut.

Perbandingan Base dengan Ethereum

Meskipun Base mencatatkan transaksi harian yang lebih tinggi, dalam beberapa metrik lainnya masih tertinggal dari Ethereum.

Baca Juga: Friend.Tech: Platform Sosial Desentralisasi Baru yang Guncang Dunia Crypto!

Volume di bursa terdesentralisasi (DEX) masih tertinggi di Ethereum, dengan 836 juta, sementara Base hanya 8,25 juta. Nilai total yang terkunci di protokol Base adalah 180 juta, sedangkan di Ethereum lebih dari 22 miliar.

Kesimpulan

Base, dengan bantuan popularitas Friend.tech, telah mencatatkan transaksi harian yang mengesankan.

Namun, dalam beberapa metrik lainnya, Ethereum masih mendominasi. Penting bagi investor dan pengguna untuk memahami dinamika dan potensi kedua platform ini dalam ekosistem crypto yang lebih luas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: