Pengiriman 26 Bitcoin Kepada Satoshi Nakamoto, Apa Motifnya?

Pengiriman 26 Bitcoin Kepada Satoshi Nakamoto, Apa Motifnya?

Baru-baru ini, jagat crypto dikejutkan oleh sebuah transaksi yang melibatkan dompet Bitcoin yang pertama kali dibuat, yang sering dikaitkan dengan pencipta Bitcoin yang enigmatik, Satoshi Nakamoto.

Dompet tersebut menerima sejumlah 26 Bitcoin, yang pada nilai tukar saat ini, sekitar $44.239 per Bitcoin, berarti transaksi tersebut bernilai lebih dari $1,15 juta USD. Peristiwa ini memicu beragam dugaan dan hipotesis mengenai pelaku di balik transaksi dan tujuan di baliknya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Misteri Pengiriman Bitcoin

misteri pengiriman bitcoin
Transaksi ke Dompet Satoshi 1 pada tanggal 6 Januari. Sumber: Blockchain.com

Pada 6 Januari, blockchain.com mencatat sebuah transaksi yang tidak umum, di mana 26 Bitcoin diarahkan ke dompet yang dipercaya milik Satoshi Nakamoto. Dompet ini adalah yang pertama ada dalam jaringan Bitcoin dan tidak pernah digunakan sejak Nakamoto menghilang pada tahun 2010.

Pengiriman Bitcoin dalam volume yang signifikan ini menimbulkan pertanyaan, apakah Nakamoto akan dipaksa untuk mengungkap identitasnya akibat aturan baru IRS yang menuntut laporan transaksi crypto yang melebihi $10.000.

Transaksi ini dilaksanakan dari sebuah dompet yang kini telah kosong, dengan ongkos transaksi mencapai $100, yang jauh lebih besar dari biaya transaksi rata-rata di jaringan Bitcoin.

Pemeriksaan yang lebih mendalam menunjukkan bahwa sebagian besar dana tersebut berasal dari dompet yang memiliki kaitan dengan Binance, sesuai dengan data dari platform analisis blockchain Arkham Intelligence.

Baca Juga: Chatbot AI Baru ‘Talk2Satoshi’, Bisa Belajar Bitcoin dari Satoshi Nakamoto?

Spekulasi Identitas Satoshi Nakamoto

Identitas Satoshi Nakamoto, yang hingga kini masih menjadi teka-teki, diperkirakan memiliki setidaknya 1,1 juta BTC. Jika Nakamoto masih hidup dan memiliki akses ke kunci pribadi dompet tersebut, mereka dapat menjadi salah satu individu terkaya di dunia.

Namun, tidak ada bukti konkret yang menunjukkan bahwa Nakamoto pernah mengakses atau memanfaatkan Bitcoin tersebut sejak menghilang. Perdebatan mengenai siapa sebenarnya Nakamoto telah berlangsung selama bertahun-tahun, dengan berbagai nama disebut-sebut sebagai pencipta Bitcoin.

Meskipun ada banyak spekulasi, belum ada yang bisa memastikan apakah Nakamoto adalah seorang individu atau sekelompok orang, atau apakah mereka masih hidup.

Kesimpulan

Transaksi yang penuh teka-teki ini menambahkan lapisan misteri baru mengenai Satoshi Nakamoto dan memicu lebih banyak dugaan di kalangan komunitas crypto. Apakah ini pertanda bahwa Nakamoto telah “kembali”, atau sekadar tindakan pembakaran uang oleh pihak yang tidak dikenal? Hanya waktu yang dapat memberikan jawaban, namun untuk saat ini, transaksi ini menjadi bahan perbincangan yang hangat di antara para enthusiast crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: