Makin Populer, Transaksi Crypto di Rusia Meledak dengan Lebih dari 185 Ribu Transaksi!

author:

Makin Populer, Transaksi Crypto di Rusia Meledak dengan Lebih dari 185 Ribu Transaksi!

Pasar crypto di Rusia sedang mengalami ledakan yang tak terduga. Dengan lebih dari 185 ribu transaksi yang tercatat di tahun 2023, gelombang baru ini mungkin saja menjadi tanda-tanda awal dari sebuah revolusi finansial.

Apa yang menyebabkan lonjakan dramatis ini dan bagaimana dampaknya terhadap ekonomi global? Mari kita selami lebih dalam fenomena yang sedang mengguncang dunia keuangan ini.

Lonjakan Transaksi Crypto di Rusia

rusia penambang crypto
Sumber: Tech Republic

Rusia telah menyaksikan peningkatan signifikan dalam jumlah transaksi crypto. Menurut Rosfinmonitoring, lembaga pengawas keuangan Rusia, terdapat lonjakan hingga 185 ribu transaksi crypto di tahun 2023.

Baca juga: Rusia Menyetujui Penggunaan Crypto untuk Pembayaran Lintas Batas

Dalam sebuah wawancara yang diberikan kepada Izvestia, Yuri Chikhanchin, selaku direktur Rosfinmonitoring, berbicara tentang peningkatan transaksi crypto baru-baru ini selama sembilan bulan pertama tahun 2023 dan bagaimana mereka telah melampaui total transaksi yang diselesaikan pada tahun 2022.

Chikhanchin mengatakan kepada Izvestia:

Menurut data kami, jumlah transaksi dengan mata uang crypto dalam sembilan bulan tahun ini melebihi 185.000 (tahun lalu, pada periode yang sama, 60.000 transaksi tercatat).

Volume dana yang dipindahkan juga meningkat. Chikhanchin menyatakan bahwa selama periode yang ditentukan, volume yang terdaftar untuk transaksi crypto hampir dua kali lipat.

Chikhanchin mengungkapkan bahwa Rosfinmonitoring menggunakan “Transparent Blockchain,” sebuah perangkat lunak yang diluncurkan dalam kemitraan dengan bank VTB, bank terbesar kedua di negara tersebut, untuk melacak transaksi crypto. Dia menjelaskan bahwa perangkat lunak ini memungkinkan pelacakan transaksi di lebih dari 30 blockchain, memiliki akses ke identitas pengirim dan penerima dalam pergerakan ini.

Alat ini sekarang sedang dilirik oleh negara-negara Arab, Afrika, dan Amerika Latin, dan juga memungkinkan bank untuk melakukan tugas-tugas kepatuhan kripto, tambahnya.

Kebutuhan Regulasi

Chikhanchin lebih lanjut merujuk pada kondisi regulasi mata uang crypto di Rusia, menyerukan agar kerangka kerja regulasi diselesaikan sesegera mungkin, bahkan jika hal itu melarang mata uang crypto sepenuhnya. Ketika ditanya tentang posisi institusi mengenai regulasi mata uang crypto, ia menjelaskan:

Semakin cepat keputusan dibuat, semakin baik. Kami sudah tahu bagaimana kami akan bekerja baik jika pembayaran mata uang crypto dilegalkan maupun jika sepenuhnya dilarang. Tetapi kita perlu memahami aturan mainnya.

Alasan yang diberikan untuk posisi Chikhanchin adalah bahwa crypto digunakan sebagai bagian dari kegiatan terlarang di Rusia, dengan pengedar narkoba, teroris, dan pejabat korup yang memanfaatkannya sebagai pengganti uang tunai.

Institusi ini memiliki pandangan yang berbeda tentang rubel digital yang akan datang, mata uang digital bank sentral Rusia, yang saat ini sedang dalam tahap uji coba.

Baca juga: Bank Rusia Luncurkan Logo CBDC-nya dan Transaksi Gratis Hingga 2025!

“Rubel digital adalah sebuah proyek yang memungkinkan Anda untuk melihat urutan operasi, yang membuat perhitungan menjadi transparan,” pungkas direktur Rosfinmonitoring.

Masa Depan Crypto di Rusia

Dengan tren yang ada, masa depan crypto di Rusia tampaknya akan terus berkembang. Meskipun ada tantangan regulasi dan ketidakpastian politik, minat yang tinggi dari masyarakat dan potensi ekonomi yang besar membuat banyak pelaku pasar tetap optimis.

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana pemerintah akan menanggapi tren ini? Apakah mereka akan mengadopsi kerangka kerja yang mendukung inovasi atau akan menempuh jalur yang lebih restriktif?

Pada akhirnya, fenomena ledakan transaksi crypto di Rusia adalah bukti bahwa mata uang digital semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat global. Dengan dinamika yang terus berubah dan potensi yang belum sepenuhnya tergali, kita mungkin hanya melihat permukaan dari apa yang bisa menjadi revolusi finansial abad ini.

Terlepas dari arah mana angin akan bertiup, satu hal yang pasti: mata uang crypto tidak lagi bisa diabaikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: