Transaksi Bitcoin Senilai $9 Miliar Gegerkan Pasar: Apa yang Terjadi?

author:

Transaksi Bitcoin Senilai $9 Miliar Gegerkan Pasar: Apa yang Terjadi?

Komunitas crypto baru-baru ini dikejutkan dengan transaksi Bitcoin yang mencengangkan, di mana sekitar 210.010 Bitcoin ditransfer dalam blok #824239, menjadi salah satu transaksi Bitcoin terbesar hingga saat ini.

Menurut laporan Coingape, transaksi ini memicu gelombang keingintahuan dan intrik di ruang mata uang digital.

Pengungkapan Transaksi Bitcoin Besar

trasnfer bitcoin besar-besaran
Sumber: X

Maartunn, seorang analis crypto terkenal di CryptoQuant, mengungkapkan detail transaksi kolosal ini di platform X, menyoroti kompleksitas transaksi tersebut. Jumlah yang mengejutkan sebesar 210.010 BTC, senilai sekitar $9,02 miliar pada harga Bitcoin saat ini, berpindah dalam blok #824239, membuat ahli crypto ini terkejut dengan besarnya.

Baca juga: Inflow Investasi Crypto Melonjak Hingga $2,25 Miliar, Bitcoin Mendominasi!

Meskipun asal dan tujuan transaksi besar ini belum sepenuhnya terungkap, Maartunn membagikan detail awal.

Sementara itu, rincian transfer menunjukkan input sebesar 210.010 BTC dari alamat dompet bc1qgdjqv0….nvqqjwvw97. Output termasuk alokasi signifikan sebesar 6.000 BTC ke alamat 1Kr6QSydW9…pJGmUa9i1g.

Menariknya, perubahan dari transfer monumental ini berjumlah 204.010 BTC, kembali ke alamat asal.

Koneksi Dompet Dingin Bitfinex dalam Transaksi

Menambahkan lapisan kompleksitas pada narasi, terungkap bahwa alamat asal, bc1qgdjqv0….nvqqjwvw97, terkait dengan dompet dingin Bitfinex. Bitfinex, sebuah bursa cryptocurrency terkemuka, kini terlibat dalam cerita ini, menimbulkan pertanyaan tentang motif di balik transfer kolosal tersebut dan implikasinya bagi pasar.

Sebagai konteks, seorang pengguna telah membagikan pembaruan lama dari Paolo Ardoino, CTO dan co-founder di Bitfinex dari Februari 2020, di mana ia mengonfirmasi alamat asal sebagai “dompet dingin baru” bursa tersebut.

Baca juga: Heboh! Pasar Crypto Kehilangan Lebih dari $500 Juta dalam Hitungan Jam, Kenapa?

Dampak dan Spekulasi Pasar

altcoin januari 2024
Generated by AI

Transfer besar ini telah memicu spekulasi di pasar crypto, terutama di tengah sentimen FUD yang mendominasi pasar. Terutama, harga Bitcoin baru-baru ini melampaui $45.000 sebelum berbalik arah pada hari Rabu, setelah laporan Matrixport menyarankan bahwa SEC bisa menolak semua pengajuan ETF Bitcoin Spot pada Januari.

Sementara itu, setelah penurunan pasar, harga Bitcoin telah pulih dan naik 2% mendekati level $44.000 pada saat penulisan. Berdasarkan data CoinGecko, volume perdagangan Bitcoin pada hari Kamis telah melampaui $29 miliar. Secara khusus, crypto ini telah menyentuh tinggi $44.254 dan rendah $44.254 dalam 24 jam terakhir, mencerminkan beberapa volatilitas di pasar.

Secara keseluruhan, transaksi Bitcoin besar ini menandai momen penting dalam lanskap crypto, menunjukkan sifat yang terus berkembang dan menarik dari ruang mata uang digital.

Dengan komunitas crypto yang menunggu wawasan lebih lanjut dari penelitian Maartunn, insiden ini menjadi bukti dari dinamika yang selalu berubah dari crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: