Bitcoin Lightning Network Mampu Menangani Transfer Senilai Lebih dari $210 Juta!

author:

Bitcoin Lightning Network Mampu Menangani Transfer Senilai Lebih dari $210 Juta!

Kemajuan teknologi blockchain tidak pernah berhenti menggemparkan dunia keuangan digital, terutama dengan pertumbuhan kapasitas transaksi Bitcoin melalui Lightning Network yang kian mengejutkan.

Dilansir dari Crypto News (1/1/24), jaringan ini kini mampu menangani transaksi senilai lebih dari $210 juta, menandakan era baru efisiensi dan kecepatan dalam ekosistem crypto.

Kapasitas Jaringan yang Meningkat

Lightning Network, sebagai solusi Layer 2, telah menunjukkan peningkatan kapasitas yang signifikan sejak diluncurkan pada awal 2018.

kapasitas bitcoin lightning
Bagan Kapasitas Bitcoin Lightning – Sumber: LookIntoBitcoin

Baca juga: MVRV Bitcoin Sentuh Titik Tertinggi Sejak April 2022!

Menurut data terkini, jaringan ini mampu menangani transfer senilai lebih dari $210 juta, atau sekitar 4.980 Bitcoin (BTC). Ini mendekati rekor tertinggi yang pernah tercatat pada Desember lalu, dengan kapasitas transfer tertinggi di bulan Juli, di mana sekitar 5.400 BTC berhasil ditransfer.

Kapasitas Lightning Network terus bertumbuh meskipun pasar crypto mengalami fluktuasi, terutama selama pasar bear 2022-2023. Para pendukung jaringan ini percaya bahwa Lightning Network memungkinkan transaksi BTC yang lebih cepat dan murah, yang dapat menjadi kunci untuk adopsi pembayaran Bitcoin di tingkat ritel yang lebih luas.

Tantangan dan Potensi Lightning Network

Meskipun terdapat kritik yang menyebutkan bahwa Lightning Network masih terlalu teknis dan sulit untuk pengguna rata-rata, serta adanya risiko sentralisasi karena topologi berbasis graf, kapasitas jaringan yang terus meningkat menunjukkan aktivitas pengembang dan pengguna yang berkelanjutan. Ini menunjukkan bahwa sektor crypto masih memiliki daya tahan meskipun menghadapi berbagai tantangan.

Nilai USD dari transfer maksimum melalui Lightning Network hampir menyamai puncak tahun lalu, namun stabilitas tren naik ini menunjukkan legitimasi yang meningkat dari solusi skalabilitas Layer 2 untuk Bitcoin.

Dengan penyebaran adopsi yang semakin luas, jaringan pembayaran terdesentralisasi ini tampaknya siap untuk menantang kapasitas transfer tertinggi sepanjang masa di tahun yang akan datang.

Baca juga: StealthEX Kini Terintegrasi Bitcoin Lightning Network: Terobosan Baru dalam Dunia Crypto!

Ke Depan: Lightning Network sebagai Pemimpin Pasar

Kapasitas dan jumlah saluran Lightning Network yang meningkat menandakan kepercayaan yang tumbuh terhadap efisiensi transaksi Bitcoin. Dengan kecepatan transaksi yang meningkat dan biaya yang menurun, indikator kesehatan seperti kapasitas jaringan dan jumlah node menjadi fokus utama.

Lightning Network kini berada di garis depan untuk merevolusi efisiensi Bitcoin, menjanjikan langkah besar ke depan dalam evolusi crypto.

Secara keseluruhan, perkembangan Lightning Network membuka jalan bagi masa depan transaksi Bitcoin yang lebih efisien dan ekonomis. Dengan kapasitas yang terus bertumbuh dan tantangan yang terus diatasi, jaringan ini berpotensi menjadi tulang punggung baru dalam ekosistem pembayaran digital global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: