Di Tengah Tuntutan SEC, Transaksi Besar Polygon (MATIC) Melonjak 742%

author:

Di Tengah Tuntutan SEC, Transaksi Besar Polygon (MATIC) Melonjak 742%

Polygon (MATIC) baru-baru ini mengalami lonjakan tiba-tiba dalam transaksi besar. Gerakan dana besar-besaran di jaringan ini telah menarik perhatian pengamat pasar, memicu spekulasi tentang motif dan tindakan ‘whale crypto’.

Menurut laporan News BTC, katalis di balik gelombang aktivitas ini tampaknya adalah tuntutan hukum terbaru yang diajukan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) terhadap Binance dan Coinbase.

Lonjakan Transaksi Besar di Jaringan Polygon

market cap polygon matic
Kapitalisasi pasar MATIC sebesar $7,4 miliar – Sumber: Trading View

Dilansir dari News BTC (7/6/23), transaksi besar dalam pasar crypto sering kali dianggap sebagai indikasi tindakan ‘whale’, memberikan gambaran tentang strategi yang mereka rumuskan.

Menurut IntoTheBlock, sebuah perusahaan analitik on-chain, transaksi besar didefinisikan sebagai transaksi yang melebihi $100,000 atau setara dengan Rp1,4 miliar. Lebih lanjut, IntoTheBlock melaporkan bahwa terdapat lonjakan signifikan dalam volume transaksi besar di jaringan Polygon, yakni mencapai $64,44 juta atau setara dengan Rp959 miliar, yang mewakili peningkatan 742% dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: 67 Crypto Kini Disebut Sekuritas oleh SEC, Apa Dampaknya?

Dampak Tuntutan SEC terhadap Crypto Exchange

Dalam serangkaian tindakan regulator, baru-baru ini SEC telah mengajukan tuntutan hukum terhadap Coinbase, sebuah bursa crypto terkemuka yang berbasis di San Francisco. Tindakan hukum ini datang hanya sehari setelah regulator menuntut Binance, salah satu bursa crypto terbesar di dunia, atas dugaan pelanggaran sekuritas.

SEC menuduh Coinbase beroperasi sebagai broker, bursa sekuritas nasional, dan agen kliring tanpa mendaftar ke SEC. Selain itu, regulator juga menuduh bahwa aset crypto yang tersedia di platform Coinbase menempatkan operasinya “tepat di bawah hukum sekuritas.” Aset crypto yang disebutkan dalam tuntutan ini termasuk SOL, ADA, MATIC, FIL, SAND, AXS, CHZ, FLOW, ICP, NEAR, VGX, DASH, dan NEXO.

Tuntutan terhadap Binance dan CEO-nya, Changpeng “CZ” Zhao, juga mencakup tuduhan bahwa mereka melanggar hukum sekuritas federal. SEC menuduh bahwa Solana, Cardano, Polygon, COTI, Algorand, Filecoin, Cosmos, The Sandbox, Axie Infinity, dan Decentraland adalah sekuritas.

Dampak Tuntutan SEC terhadap Pasar Crypto

Tuntutan hukum SEC terhadap Coinbase dan Binance telah memicu reaksi yang beragam di pasar crypto. Per 7 Juni 2023, token asli Polygon, MATIC, diperdagangkan pada $0,804240 atau Rp11.977, berdasarkan data CoinGecko.

Dalam 24 jam terakhir, MATIC telah mengalami penurunan 2,8%, sementara tujuh hari terakhir telah melihat penurunan signifikan sebesar 9,6%.

Baca juga: Dana Aset Digital Catat Total Rp4,8 Triliun dalam 7 Minggu Berturut-turut!

Pada akhirnya, peningkatan tiba-tiba dalam transaksi besar di jaringan Polygon menunjukkan bahwa ‘whale crypto’ mungkin sedang merespons tuntutan hukum SEC terhadap Binance dan Coinbase.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: