Terobosan TradFi dan Blockchain: Revolusi Keuangan 2024

Terobosan TradFi dan Blockchain: Revolusi Keuangan 2024

Apakah kamu siap menyaksikan revolusi keuangan terbaru? Tahun 2024 menjadi saksi bisu bagaimana institusi keuangan tradisional (TradFi) mengambil langkah besar dengan mengadopsi teknologi blockchain. Transformasi ini tidak hanya menjanjikan efisiensi tetapi juga membuka lembaran baru dalam ekosistem pasar finansial global. Simak berita lengkapnya berikut ini!

TradFi Berinovasi dengan Blockchain

franklin templeton fund
Informasi Reksa Dana Franklin Templeton FOBXX. Sumber Situs web resmi

Sandy Kaul dari Franklin Templeton mengungkapkan bahwa adopsi blockchain kini berkembang pesat. Institusi ini, yang mengelola aset lebih dari $1,5 triliun, telah meluncurkan mutual fund berbasis blockchain, Franklin OnChain U.S. Government Money Fund (FOBXX), dengan aset bersih total mencapai $329,38 juta per 30 November 2023.

Franklin Templeton juga mengajukan permohonan untuk ETF Bitcoin spot kepada SEC pada September 2023. Menurut data BeInCrypto, SEC dijadwalkan untuk merespons permohonan ETF tersebut antara 5 dan 10 Januari 2024, dengan batas akhir pada 31 Maret 2024.

Baca Juga: Mastercard Percaya Aturan TradFi Merupakan Rahasia Sukses Tokenisasi, Ini Kata Pejabatnya!

JPMorgan dan Blockchain dalam Pembayaran

Tidak hanya Franklin Templeton, JPMorgan Chase & Co juga telah menggunakan blockchain untuk meningkatkan proses transfer pembayaran. JPM Coin, yang tersedia 24/7, mempercepat pembayaran dalam dolar AS antar klien bank. Inisiatif ini merupakan salah satu dari banyak langkah yang diambil oleh institusi TradFi di tahun 2023.

Inisiatif serupa juga diikuti oleh HSBC Holdings Plc dan perusahaan finansial besar lainnya. Mereka memulai penggunaan sistem baru yang dibangun di sekitar blockchain, menandai percepatan adopsi teknologi ini ke dalam operasi keuangan mereka di tahun 2024.

Kesimpulannya, tahun 2024 akan menjadi tahun penting bagi TradFi dalam memanfaatkan blockchain. Dengan berbagai inisiatif yang telah dilakukan, kita dapat mengharapkan perubahan signifikan dalam cara kita berinteraksi dengan sistem keuangan. Apakah kamu sudah siap untuk menjadi bagian dari revolusi ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: