Bukan Bitcoin dan Ethereum, Trader Korea Selatan Pilih Altcoin Ini!

author:

Array

Bukan Bitcoin dan Ethereum, Trader Korea Selatan Pilih Altcoin Ini!

Untuk sekarang ini, trader crypto di Korea Selatan tampaknya lebih memilih XRP dan Dogecoin daripada Bitcoin dan Ethereum.

Mengutip laporan Watcher Guru (6/6/23), penelitian terbaru oleh platform analitik Kaiko menunjukkan bahwa pasar crypto Korea memiliki struktur pasar yang “sangat unik”. Meski di sebagian besar wilayah lain, Bitcoin dan Ethereum adalah crypto yang paling banyak dipilih oleh peserta pasar, hal ini tidak berlaku di Korea.

Trader Korea Memilih XRP dan Dogecoin

trader korea pilih xpr dan doge
Kaiko

Menurut data terbaru dari Kaiko, XRP adalah Altcoin yang paling banyak diperdagangkan di Korea, dengan Dogecoin, SAND, dan ETC, yang memegang antara 3-4% volume perdagangan. Token lain yang berada di belakang dengan 2% termasuk Arbitrum, Axie Infinity, Aptos, Waves, Serum, Decentraland, dan lainnya.

Pada bursa lokal seperti Bithumb, XRP terlihat mengendalikan lebih dari 1/4 dari total volume perdagangan. Di Upbit, bagian XRP adalah 18,5%, sementara di Korbit, presentase pemegang XPR mencakup 33% volume.

Menariknya, pedagang yang mengalihkan dana ke crypto teratas membayar premi. Indeks Premium Korea Bitcoin sebagian besar telah di atas garis nol sepanjang tahun ini, menunjukkan bahwa fenomena ‘beli saat turun’ sedang berlangsung.

Baca juga: Terobosan Baru di Dunia Crypto! Optimism Resmi Lakukan Revolusi Blockchain! Harga OP Bisa Meroket?

Bitcoin dan Ethereum Kurang Diminati di Korea?

Meski Bitcoin dan Ethereum biasanya merupakan pilihan utama di banyak pasar, hal ini tampaknya tidak berlaku di Korea Selatan. Sejauh ini, Bitcoin dan Ethereum melihat $36,7 miliar atau setara dengan Rp545 triliun dan $8,9 miliar (Rp132 triliun) dalam perdagangan mereka.

Sebaliknya, volume kolektif untuk 20 crypto yang paling banyak diperdagangkan di bursa crypto terbesar Korea Selatan, seperti Upbit, Bithumb, Coinone dan Korbit, adalah $201,8 miliar (Rp3 kuadriliun) dari awal tahun hingga 30 Mei 2023.

Menurut laporan, XRP tercatat memegang 12% dari volume non-BTC dan ETH. $24,5 miliar (Rp364 triliun) XRP diperdagangkan selama lima bulan pertama tahun ini. XRP melihat 66% dari volume Bitcoin dan hampir tiga kali volume Ethereum.

Kasus XRP-SEC dan Dampaknya di Korea

key metrics ripple xrp
Sumber: FX Empire

Untuk menjelaskan dominasi XRP di Korea Selatan, analis senior Kaiko Dessislava Aubert mengatakan bahwa ini “sebagian besar karena lonjakan volume perdagangan XRP pada akhir Maret dan awal April, ketika volume di pasar Korea mencapai puncak multi-bulan.”

Selama waktu itu, pasar mengantisipasi bahwa pertempuran hukum Ripple yang kontroversial dengan SEC akan mencapai puncaknya. Dalam newsletter Kaiko tanggal 3 April 2023, analis mengklaim bahwa trader bertaruh pada kemenangan Ripple (XPR), yang mengirim token melambung dan membawa seluruh sektor Altcoin ke puncak tahun ini.

Kasus tersebut masih berlanjut tanpa indikasi jelas kapan mungkin menemukan kesimpulan. CEO Ripple Labs, Brad Garlinghouse, pada Januari 2023, mengatakan bahwa ia mengantisipasi kasus tersebut akan diselesaikan dalam paruh pertama tahun ini.

Baca juga: Hampir Sentuh 11 Juta Transaksi dalam Sehari, Tron (TRX) Pecahkan Rekor Baru!

Pada akhirnya, tren perdagangan crypto di Korea Selatan menunjukkan bahwa pasar ini memiliki preferensi unik yang berbeda dari kebanyakan pasar lainnya. Meski Bitcoin dan Ethereum biasanya mendominasi, pedagang Korea tampaknya lebih memilih XRP dan Dogecoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi:

Array