Wow, Trader Crypto Habiskan Rp1,7 Miliar Hanya untuk Gas Fee Beli Memecoin FOUR!

Wow, Trader Crypto Habiskan Rp1,7 Miliar Hanya untuk Gas Fee Beli Memecoin FOUR!

Sebuah transaksi menghebohkan terjadi ketika seorang trader rela menghabiskan 64 Ethereum ($118.000) atau setara dengan Rp1,7 miliar hanya untuk membayar gas fee dalam pembelian memecoin bernama Four (FOUR) senilai Rp2,2 miliar.

Menurut Cointelegraphm, gas fee yang sangat tinggi ini menjadi sorotan, dan berikut ini kita akan membahas kisah mengejutkan di balik transaksi tersebut serta kontroversi yang muncul seputar gas fee di jaringan Ethereum. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pembelian Memecoin FOUR yang Menghebohkan

memecoin four
Sumber: Akun Twitter Whale Alert

Menurut Whale Alert, trader tersebut membayar gas fee Ethereum sebesar Rp1,7 miliar untuk menukarkan 84 Wrapped Ether (WETH) dengan 13,8 miliar token FOUR melalui Uniswap.

Menurut Cointelegraph, sepertinya trader tersebut sengaja menaikkan gas fee untuk mempercepat waktu transaksi. Pengguna Twitter FlurETH mengungkapkan bahwa trader tersebut kini memiliki keuntungan tidak terealisasi sebesar 133 ETH atau sekitar Rp3,5 miliar dari investasi memecoin ini.

Baca Juga: Ethereum Bakal Diterjang Gelombang Volatilitas Baru, Apa Dampak pada Harga ETH?

Kontroversi Gas Fee Ethereum

gas fee ethereum
Rata-rata biaya transaksi Ethereum dalam satu tahun terakhir. Sumber: Etherscan

Gas fee di jaringan Ethereum menjadi perdebatan di komunitas crypto. Sejumlah tokoh Ethereum memuji aktivitas tinggi ini karena efek penghasilan dan tekanan deflasi jangka panjang pada pasokan Ethereum.

Namun, ada pula yang mengkritik biaya ini, mengklaim bahwa adopsi massal tidak akan tercapai jika jaringan tidak lebih “terjangkau”.

Pasalnya kenaikan gas fee ETH ini beriringan dengan kenaikan harga pepecoin (PEPE), memecoin yang digadang-gadang telah mencetak banyak milyarder hanya dalam hitungan hari. Baca selengkapnya di Biaya Transaksi Ethereum (ETH) Melambung Tinggi, Pepe Coin Alasannya?

Tidak hanya memecoin, alasan lain dari kenaikan gas fee ETH dalah bot MEV yang mengambil keuntungan dari memecoin trades. Penyerang “sandwich” dengan pseudonym jaredfromsubway.eth telah mendapatkan keuntungan besar dari penggunaan jaringan yang tinggi.

Menurut Cointelegraph, pada 18 April 2023, Jared telah mendapat keuntungan sebesar $950.000 dari serangan sandwich. Jared juga merupakan salah satu pemboros gas fee terbesar di jaringan Ethereum. Pada tanggal 20 April 2023, Jared menggunakan 7% dari total gas fee di jaringan dan menghabiskan 455 ETH untuk biaya transaksi.

Referensi: