Top 5 Token Interoperability di 2024

Top 5 Token Interoperability di 2024

Dunia crypto terus berkembang dengan inovasi yang memungkinkan berbagai blockchain berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Di tahun 2024, beberapa token telah menonjol sebagai pemimpin dalam interoperabilitas blockchain, membuka jalan bagi ekosistem yang lebih terhubung dan efisien. Berikut adalah 5 token interoperabilitas teratas yang perlu kamu ketahui!

Internet Computer (ICP)

Pergerakan Harga Internet Computer (ICP)
Sumber: Crypto Flash News

Internet Computer berupaya merevolusi cara aplikasi terdesentralisasi (dApps) dibangun dan dioperasikan, dengan menghilangkan ketergantungan pada infrastruktur cloud tradisional. ICP memungkinkan pengembang untuk menjalankan kode langsung di internet, menjanjikan kecepatan, efisiensi, dan skalabilitas yang lebih besar.

Dengan visi untuk memperluas fungsi internet, ICP tidak hanya memfasilitasi pembuatan dApps tetapi juga memungkinkan pembuatan token, identitas digital, dan layanan tanpa perantara. Ini membuka peluang baru untuk integrasi dan interoperabilitas antar layanan dalam ekosistem crypto.

Baca Juga: Top 5 Token Decentralized Exchange (DEX) di 2024!

Cosmos (ATOM)

staking apy cosmos
Sumber: Forkast News

Cosmos, dikenal sebagai “Internet of Blockchains,” bertujuan untuk mengatasi masalah skalabilitas dan interoperabilitas dalam ekosistem blockchain. Dengan menggunakan protokol konsensus Tendermint, Cosmos memungkinkan berbagai blockchain untuk berkomunikasi dan bertransaksi satu sama lain melalui Cosmos Hub.

ATOM, token asli Cosmos, memainkan peran penting dalam ekonomi Cosmos, digunakan untuk staking, pembayaran biaya transaksi, dan tata kelola. Dengan fokus pada interoperabilitas, Cosmos membuka jalan bagi ekosistem yang lebih terhubung dan inklusif.

Quant (QUANT)

supply quant
Sumber: The Coin Republic

Quant bertujuan untuk menghubungkan dunia blockchain melalui Overledger, lapisan pertama yang memungkinkan akses lintas blockchain. Dengan Quant, pengembang dapat membangun aplikasi yang memanfaatkan kemampuan beberapa blockchain sekaligus, tanpa perlu mempelajari bahasa pemrograman baru.

Token QNT memfasilitasi akses ke Overledger, memungkinkan penggunaan dan pembuatan MApps (multi-chain applications) yang dapat beroperasi di berbagai blockchain. Ini membuka kemungkinan baru untuk aplikasi yang lebih kaya dan lebih fungsional dalam ekosistem crypto.

Baca Juga: Top 5 Token Gaming Populer di 2024

BitTorrent (BTT)

btt crypto
Sumber: LinkedIn

BitTorrent, platform berbagi file peer-to-peer yang terkenal, telah memasuki ekosistem crypto dengan token BTT. Token ini bertujuan untuk meningkatkan protokol BitTorrent dengan memungkinkan pembayaran antara pengguna untuk layanan seperti kecepatan unduhan yang lebih cepat dan penyimpanan file.

Dengan integrasi blockchain, BitTorrent memperluas kasus penggunaannya ke luar berbagi file, menawarkan solusi desentralisasi untuk penyimpanan dan distribusi konten. Ini menandai langkah penting menuju interoperabilitas antara layanan berbagi file dan ekosistem crypto yang lebih luas.

Axelar (AXL)

axelar
Sumber: Crypto Daily

Axelar dirancang untuk memberikan interoperabilitas yang aman dan tanpa batas antara berbagai blockchain. Dengan memungkinkan komunikasi antar-chain yang mulus, Axelar memperluas kemungkinan integrasi dan interaksi antara ekosistem yang berbeda.

Token AXL memainkan peran kunci dalam ekosistem Axelar, digunakan untuk tata kelola, keamanan jaringan, dan insentif bagi peserta. Dengan fokus pada interoperabilitas, Axelar berupaya untuk menyederhanakan komunikasi antar blockchain, memungkinkan ekosistem yang lebih terhubung dan efisien.

Dengan kemajuan dalam interoperabilitas blockchain, ekosistem crypto bergerak menuju masa depan di mana transfer nilai dan informasi antar platform menjadi mulus dan efisien. Token-token ini memimpin perubahan, membuka peluang baru bagi pengembang, pengguna, dan investor di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: