Top 5 Token Gaming Populer di 2024

Top 5 Token Gaming Populer di 2024

Di tengah perkembangan pesat industri game dan teknologi blockchain, token gaming atau GameFi menjadi sorotan utama bagi para investor dan penggemar game. Tahun 2024 menandai era baru di mana lima token gaming ini diprediksi akan mendominasi pasar, menawarkan peluang unik bagi pemain untuk tidak hanya menikmati gameplay yang imersif tetapi juga mendapatkan penghasilan nyata. Kira-kira token gaming apa saja yang sedang populer di tahun 2024?

Axie Infinity (AXS)

axie infinity
Sumber: Decrypt

Axie Infinity muncul sebagai platform game berbasis blockchain yang memungkinkan pemain mengumpulkan, bertarung, membiakkan, dan berdagang makhluk virtual yang dikenal sebagai Axies. Game ini memanfaatkan NFT untuk aset dalam game, menjadikannya pelopor di ranah game NFT.

Token asli game, AXS, mengikuti standar ERC-20, memfasilitasi akuisisi Axie, pembiakan, dan partisipasi dalam tata kelola game. AXS beroperasi sebagai aset digital yang terdaftar di blockchain, tersedia untuk dibeli, dijual, dan ditukar di berbagai platform cryptocurrency.

Baca Juga: Top 5 RWA Token Terbaik di 2024

The Sandbox (SAND)

keamanan metaverse sandbox
Sumber: Viccrypto

The Sandbox adalah platform game berbasis blockchain di mana pengguna dapat membeli plot tanah virtual dan membangun pengalaman interaktif untuk dibagikan dengan peserta lain. SAND berfungsi sebagai token yang ditunjuk platform, sesuai dengan standar ERC-20.

Token SAND berperan dalam berbagai fungsi dalam ekosistem The Sandbox, termasuk transfer nilai, staking, tata kelola, transaksi LAND dan aset, serta partisipasi dalam siklus ekonomi platform. Pemain berinteraksi dengan ekosistem menggunakan dompet Ethereum yang berisi token SAND mereka.

Immutable X (IMX)

immutable kolaborasi axelar
Sumber: Immutable

Immutable X menonjol sebagai protokol Layer 2 terkemuka yang melayani NFT dan game blockchain, diamankan oleh Ethereum. Fitur uniknya termasuk pencetakan dan perdagangan NFT tanpa gas, mengatasi tantangan signifikan di domain GameFi.

Token IMX, token utilitas ERC-20, beroperasi sebagai token utilitas dan tata kelola utama dalam protokol Immutable, memegang peran penting dalam ekosistem. IMX digunakan untuk biaya transaksi yang diselesaikan melalui buku pesanan global Immutable. Pemegang dapat menyetor token IMX untuk partisipasi dan tata kelola ekosistem, memberi mereka hak suara atas keputusan jaringan penting.

Baca Juga: Top 3 Memecoin Solana Favorit di 2024, Mana Paling Cuan?

Decentraland (MANA)

decentraland mana
Sumber: Cryptowallet

Decentraland adalah platform realitas virtual 3D yang berfungsi sebagai metaverse terdesentralisasi, dimiliki dan dikelola oleh basis penggunanya. Platform inovatif ini memberdayakan pengguna untuk menciptakan, bertukar, dan menjelajahi dalam lingkungan digital yang didukung blockchain.

MANA, cryptocurrency asli platform, berfungsi sebagai mata uang dalam game di Decentraland. Beroperasi sebagai token ERC-20, memungkinkan pengguna untuk memperoleh atau memperdagangkan tanah virtual (LAND) dan melakukan transaksi untuk berbagai barang dan jasa dalam ranah virtual. Selain itu, token MANA digunakan untuk mendapatkan token LAND non-fungible ERC-721 dengan membakar token MANA.

Alien Worlds (TLM)

Alien Worlds menonjol sebagai salah satu game blockchain teratas selama lima tahun terakhir, telah membuktikan dirinya sebagai salah satu game paling populer di ruang GameFi. Game ini terhubung dengan blockchain WAX, yang secara konsisten menduduki peringkat sebagai blockchain teratas untuk pengembangan game. Dengan lebih dari 133.000 pemain aktif harian, Alien Worlds memimpin dalam hal volume dan telah menangkap imajinasi basis pemainnya.

Token asli game, TLM, memungkinkan pemain untuk terlibat dalam eksplorasi planet, pertambangan sumber daya, dan pertarungan untuk mendapatkan hadiah dan kekuasaan dalam metaverse Alien Worlds. TLM berfungsi sebagai alat tukar dalam ekosistem Alien Worlds, memungkinkan pemain untuk membeli, menjual, dan menyewakan alat dan tanah, serta berpartisipasi dalam tata kelola planet melalui sistem DAO yang terdesentralisasi.

Kesimpulan

Dengan pertumbuhan eksponensial di sektor GameFi, lima token ini menjanjikan revolusi dalam cara kita bermain dan berinvestasi dalam game. Mereka tidak hanya menawarkan pengalaman bermain game yang kaya tetapi juga membuka peluang ekonomi baru bagi para pemain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: