Top 5 Token Decentralized Exchange (DEX) di 2024!

author:

Top 5 Token Decentralized Exchange (DEX) di 2024!

Memasuki tahun 2024, dunia crypto menyaksikan pertumbuhan pesat dalam sektor pertukaran terdesentralisasi (DEX), dan berikut ini adalah lima token DEX teratas berdasarkan kapitalisasi pasar saat ini yang menjanjikan potensi besar dalam mengubah lanskap perdagangan digital.

Penasaran ada token apa saja? Simak jawabannya di bawah ini, ya!

Uniswap (UNI) – Market Cap: $3,7 Miliar

hashkey uniswap
Sumber: PYMNTS

Uniswap (UNI), dengan kapitalisasi pasar sebesar $3,7 miliar, berhasil menduduki posisi pertama dalam kategori Top 5 Token Decentralized Exchange (DEX) di tahun 2024.

Sebagai protokol perdagangan terdesentralisasi yang populer, Uniswap dikenal karena perannya dalam memfasilitasi perdagangan otomatis token keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Baca juga: Uniswap Kucurkan Dana $300 Ribu untuk Pengembangan v4!

Uniswap bertujuan untuk menjaga perdagangan token tetap otomatis dan terbuka bagi siapa saja yang memiliki token, sambil meningkatkan efisiensi perdagangan dibandingkan dengan bursa tradisional, serta menciptakan efisiensi lebih dengan menyelesaikan masalah likuiditas melalui solusi otomatis, menghindari masalah yang sebelumnya mengganggu bursa terdesentralisasi pertama.

Stellar (XLM) – Market Cap: $3,2 Miliar

prediksi harga stellar 2030
Sumber: Bitcoinist

Stellar (XLM), dengan kapitalisasi pasar sebesar $3,2 miliar, berhasil menempati posisi kedua dalam kategori Top 5 Token Decentralized Exchange (DEX) di tahun 2024. Stellar, yang diciptakan pada tahun 2014 oleh Stellar Development Foundation atau Stellar.org, adalah jaringan terdesentralisasi peer-to-peer (P2P) yang secara resmi diluncurkan pada tahun 2015 dengan tujuan menghubungkan sistem keuangan dunia dan memastikan protokol untuk penyedia pembayaran dan lembaga keuangan.

Platform ini dirancang untuk memindahkan sumber daya keuangan dengan cepat dan andal dengan biaya minimal, menghubungkan orang-orang, bank, prosesor pembayaran, dan memungkinkan pengguna untuk membuat, mengirim, dan memperdagangkan berbagai jenis crypto.

Pada akhir tahun 2023 lalu, Stellar telah memperkenalkan fitur smar tcontract melalui proyek Soroban. Lebih lanjut, Soroban diharapkan dapat meningkatkan adopsi dan aktivitas di jaringan Stellar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan permintaan untuk token XLM.

Baca juga: Revolusi Mata Uang Digital Eropa, Circle Luncurkan EURC di Stellar!

THORChain (RUNE) – Market Cap: $1,4 Miliar

thorchain dex
Sumber: The Coin Republic

THORChain (RUNE), dengan kapitalisasi pasar sebesar $1,4 miliar, berhasil menempati posisi ketiga dalam kategori Top 5 Token Decentralized Exchange (DEX) di tahun 2024.

THORChain adalah protokol likuiditas terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menukar aset kripto lintas berbagai jaringan, termasuk Bitcoin dan Ethereum, tanpa kehilangan hak penuh atas aset mereka selama proses tersebut.

Protokol ini menawarkan solusi inovatif dalam perdagangan crypto, memfasilitasi pertukaran yang lancar dan aman antar berbagai blockchain.

Synthetix (SNX) – Market Cap: $1 Miliar

inflasi snx
Sumber: Binance.us

Synthetix (SNX), dengan kapitalisasi pasar sebesar $1 miliar, berhasil meraih posisi keempat dalam kategori top 5 token DEX di tahun 2024.

Synthetix sedang mengembangkan protokol penyediaan likuiditas terdesentralisasi yang dapat diakses oleh berbagai protokol untuk beragam keperluan, dengan likuiditas yang dalam dan biaya rendah yang menjadi tulang punggung bagi banyak protokol menarik di Optimism dan Ethereum.

Beberapa protokol yang berorientasi pada pengguna dalam ekosistem Synthetix, seperti Kwenta (Spot dan Futures), Lyra (Options), Polynomial (Automated Options), dan 1inch & Curve (Atomic Swaps), memanfaatkan likuiditas Synthetix untuk menggerakkan protokol mereka.

Pada awal Januari 2024, Synthetix telah meluncurkan upgrade Andromeda yang menjanjikan perubahan besar dengan mekanisme deflasi yang inovatif. Sebanyak 40% dari biaya Perps V3 kini dialokasikan untuk membeli kembali dan membakar token SNX, mirip dengan kontrak yang terinspirasi dari Yearn Finance. Simak selengkapnya di Terobosan Baru Synthetix (SNX): Upgrade Andromeda yang Mengubah Permainan Crypto!

PancakeSwap (CAKE) – Market Cap: $679 Juta

alasan lonjakan harga pancakeswap
Sumber: BSC News


PancakeSwap (CAKE), dengan kapitalisasi pasar sebesar $679 juta, berhasil menempati posisi kelima dalam kategori top 5 token DEX di tahun 2024. Awalnya dibangun di atas BNB Chain, PancakeSwap memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan token tanpa menggunakan bursa terpusat dan menyediakan berbagai produk.

PancakeSwap terus berinovasi dan secara rutin meluncurkan produk baru, termasuk transisi ke model token deflasi yang disebut “Ultrasound CAKE” pada April 2023, di mana protokol tersebut mengesahkan proposal yang disebut CAKE Tokenomics v2.5 untuk menciptakan struktur yang menggabungkan yield nyata (tanpa dampak pada pasokan) dan pengurangan emisi token.

Referensi: