Top 5 Solana Ecosystem Token di 2024

Top 5 Solana Ecosystem Token di 2024

Dalam dunia crypto, ekosistem Solana terus berkembang dengan pesat, menawarkan berbagai proyek inovatif yang mendukung visi Web3. Pada tahun 2024, beberapa proyek telah menonjol karena kontribusi signifikan mereka terhadap ekosistem ini, menarik perhatian investor dan pengguna. Artikel ini akan membahas lima proyek teratas dalam ekosistem Solana yang kamu perlu ketahui!

Jupiter (JUP)

jupiter token adalah
Sumber: CaoinStats

Jupiter muncul sebagai agregator pertukaran terdepan di ekosistem Solana, memastikan pengguna mendapatkan tarif terbaik. Platform ini mengoptimalkan perdagangan dengan menyediakan rute likuiditas yang efisien, mengurangi slippage dan biaya transaksi.

Dengan antarmuka yang ramah pengguna, Jupiter memudahkan pemula dan trader berpengalaman untuk melakukan swap aset crypto dengan cepat. Kecepatan dan efisiensi adalah dua pilar utama yang menjadikan Jupiter pilihan utama bagi banyak pengguna di ekosistem Solana.

harga jup 1 minggu
Sumber: Market Pintu

Jika dilihat dari grafik diatas, menurut market Pintu, Jupiter (JUP) mengalami gejolak harga yang signifikan. Per 18 Februari 2024, JUP menempati harga Rp7.912 dalam waktu 1 minggu. Meskipun sedang mengalami penurunan harga, marketcap JUP menyentuh angka $644 juta per hari ini.

Baca Juga: Crypto Trending Hari Ini (17/2): BTC, VET, STRK, WLD, dan LPT

Pyth Network (PYTH)

mengapa pyth naik
Sumber: Finance Feeds

Pyth Network berinovasi dalam penyediaan data pasar keuangan yang sangat akurat dan real-time untuk blockchain. Jaringan ini memungkinkan integrasi data dari berbagai sumber, meningkatkan transparansi dan keandalan informasi.

Keunggulan Pyth terletak pada kemampuannya untuk menyediakan data dengan latensi rendah, sangat penting untuk aplikasi keuangan terdesentralisasi. Dengan Pyth, pengembang dapat membangun aplikasi yang memerlukan akses data pasar yang cepat dan akurat, mendorong inovasi lebih lanjut dalam ekosistem Solana.

harga pyth network
Sumber: Market Pintu

Jika dilihat dari grafik diatas, menurut market Pintu, PYTH mengalami gejolak harga yang signifikan. Per 18 Februari 2024, PYTH menempati harga Rp9.660 dan mengalami kenaikan harga sebanyak 13,86% dalam waktu 1 minggu. Seiring dengan kenaikan harganya, market cap PYTH juga mengalami kenaikan 5,69% hingga menyentuh angka $927 juta per hari ini.

Hivemapper (HONEY)

hivemapper adalah
Sumber: Token Metrics Research

Hivemapper menawarkan solusi pemetaan yang inovatif, memanfaatkan kontribusi komunitas untuk membangun peta yang kaya dan terperinci. Proyek ini mengubah cara kita memahami dan berinteraksi dengan data geospasial, memberikan insentif kepada pengguna untuk berkontribusi.

Dengan teknologi blockchain, Hivemapper memastikan integritas dan kepemilikan data, memberikan platform yang transparan dan terpercaya untuk data pemetaan. Ini membuka peluang baru dalam navigasi, perencanaan kota, dan aplikasi geospasial lainnya.

harga hivemapper 1 minggu
Sumber: Market Pintu

Jika dilihat dari grafik diatas, menurut market Pintu, HONEY mengalami gejolak harga yang signifikan. Per 18 Februari 2024, HONEY menempati harga Rp3.092 dan mengalami kenaikan harga sebanyak 18,56% dalam waktu 1 minggu. Meskipun mengalami kenaikan harga, marketcap dan volume perdagangan mengalami penurunan, masing-masing hingga mencapai angka $162 juta dan $2,6 juta per hari ini.

Baca Juga: Top 5 Social Token Terpopuler di 2024

Helium (HNT)

helium farm
Sumber: Asia Crypto Today

Helium telah merevolusi konektivitas IoT dengan membangun jaringan terdesentralisasi yang didukung oleh perangkat yang dioperasikan oleh pengguna. Ini memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dan mentransfer data dengan efisien dan biaya rendah.

Integrasi Helium ke dalam ekosistem Solana menandai langkah penting dalam skalabilitas dan kecepatan jaringan. Dengan Helium, ekosistem Solana memperluas kemampuannya ke aplikasi IoT, membuka kemungkinan baru dalam teknologi terkoneksi.

harga helium 1 minggu
Sumber: Market Pintu

Jika dilihat dari grafik diatas, menurut market Pintu, HNT mengalami kenaikan harga yang signifikan. Per 18 Februari 2024, HNT menempati harga Rp145.466 dan mengalami kenaikan harga sebanyak 13,98% dalam waktu 1 minggu. Meskipun mengalami kenaikan harga, marketcap dan volume perdagangan mengalami penurunan, masing-masing hingga mencapai angka $1,4 miliar dan $16,1 juta per hari ini.

Jito (JTO)

jito jto crypto
Sumber: U Today

Jito, sebuah solusi skalabilitas untuk Solana, menjanjikan peningkatan signifikan dalam kecepatan dan efisiensi jaringan. Dengan fokus pada peningkatan throughput, Jito bertujuan untuk mengatasi tantangan skalabilitas yang dihadapi oleh banyak blockchain.

Implementasi teknologi Jito dalam ekosistem Solana diharapkan dapat meningkatkan kapasitas transaksi, mengurangi biaya, dan mempercepat waktu konfirmasi. Ini akan memperkuat posisi Solana sebagai salah satu blockchain tercepat dan paling efisien di pasar.

harga jito 1 minggu
Sumber: Market Pintu

Jika dilihat dari grafik diatas, menurut market Pintu, JTO mengalami kenaikan harga yang signifikan. Per 18 Februari 2024, JTO menempati harga Rp36.212 dan mengalami kenaikan harga sebanyak 9,68% dalam waktu 1 minggu. Meskipun mengalami kenaikan harga, marketcap dan volume perdagangan mengalami penurunan, masing-masing hingga mencapai angka $254 juta dan $41,3 juta per hari ini.

Kesimpulan

Dalam perjalanan menuju adopsi crypto yang lebih luas, ekosistem Solana menunjukkan potensi yang luar biasa dengan proyek-proyek inovatif seperti Jupiter, Pyth, Hivemapper, Helium, dan Jito. Keberhasilan mereka tidak hanya meningkatkan nilai ekosistem Solana tetapi juga membuka jalan bagi aplikasi blockchain yang lebih praktis dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: