Top 5 Oracles Token Terbaik di 2024

Top 5 Oracles Token Terbaik di 2024

Dalam ekosistem blockchain, oracles memainkan peran krusial dalam menghubungkan dunia nyata dengan kontrak pintar, memungkinkan akses ke data eksternal yang diperlukan untuk eksekusi. Pada tahun 2024, beberapa token oracle telah menonjol karena kontribusi signifikan mereka dalam memfasilitasi interoperabilitas dan meningkatkan fungsionalitas aplikasi terdesentralisasi (dApps). Berikut adalah 5 token oracle terbaik yang wajib kamu pantau!

kolaborasi chainlink dan circle
Sumber: CryptoSlate

Chainlink telah mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin di antara proyek oracle dengan menyediakan jembatan yang dapat diandalkan antara kontrak pintar dan data dunia nyata. Dengan jaringan node yang luas dan beragam, Chainlink menjamin keandalan dan keamanan data yang disediakan ke blockchain.

Inovasi ini memungkinkan aplikasi terdesentralisasi untuk beroperasi berdasarkan informasi yang akurat dan terverifikasi, menjadikan Chainlink tulang punggung bagi banyak aplikasi DeFi dan sektor lainnya. LINK, token asli Chainlink, memainkan peran penting dalam ekosistem ini dengan memberikan insentif kepada node untuk menyediakan data yang akurat.

Band Protocol (BAND): Oracle Lintas Rantai yang Fleksibel

Band Protocol menawarkan solusi oracle lintas rantai yang memungkinkan dApps untuk mengakses data dari berbagai sumber dengan cepat dan aman. Dengan fokus pada skalabilitas dan fleksibilitas, Band Protocol mendukung pembuatan kontrak pintar yang lebih kompleks dan responsif terhadap kondisi pasar dunia nyata.

Token BAND, sebagai token asli Band Protocol, digunakan untuk memastikan integritas data melalui mekanisme konsensus yang didesentralisasi, memberikan insentif kepada validator untuk berpartisipasi dalam jaringan dan memastikan keandalan data yang disediakan.

Baca Juga: Top 5 Rollups Token di 2024, IMX Salah Satunya!

Universal Market Access (UMA): Inovasi Aset Sintetis

uma crypto
Sumber: Moralis Academy

UMA menonjol dengan pendekatannya yang unik dalam menciptakan aset sintetis yang memungkinkan representasi digital dari aset dunia nyata. Melalui penggunaan oracle yang inovatif, UMA memfasilitasi pembuatan dan penyelesaian kontrak derivatif yang terdesentralisasi, memperluas kemungkinan dalam pembuatan produk keuangan baru.

Token UMA berperan dalam tata kelola protokol dan mekanisme penyelesaian sengketa, memastikan keadilan dan transparansi dalam ekosistem, serta memberikan suara kepada pemegang token dalam pengambilan keputusan protokol.

API3 (API3): Revolusi Oracle dengan Penyedia Data Pertama

API3 bertujuan untuk merevolusi cara dApps berinteraksi dengan data eksternal dengan menyediakan oracle yang dioperasikan oleh penyedia data pertama. Dengan menghilangkan perantara, API3 menjanjikan tingkat keamanan dan efisiensi yang lebih tinggi dalam pengiriman data ke smart contract.

Token API3 digunakan dalam tata kelola desentralisasi proyek, memberikan pemegang token suara dalam pengambilan keputusan dan arah pengembangan protokol, serta digunakan untuk staking pada platform yang menghasilkan bagian dalam DAO melalui pendapatan berbagi dari biaya layanan asuransi.

Baca Juga: Top 5 Social Token Terpopuler di 2024

iExec RLC (RLC): Oracle untuk Komputasi Terdesentralisasi

Prediksi Harga IEXEC
Sumber: Finanzas Roams

iExec RLC membawa konsep oracle ke tingkat berikutnya dengan fokus pada komputasi terdesentralisasi. Selain menyediakan data eksternal ke dApps, iExec memungkinkan akses ke sumber daya komputasi terdistribusi, memperluas kemampuan kontrak pintar untuk menjalankan tugas yang membutuhkan daya komputasi intensif.

Token RLC memfasilitasi transaksi dalam ekosistem iExec, memungkinkan pembelian dan penjualan sumber daya komputasi serta akses ke aplikasi terdesentralisasi, menjadikan iExec sebagai platform yang inovatif dan penting dalam ekosistem blockchain.

Kesimpulan

Dalam penutup, kelima token oracle ini menawarkan solusi yang beragam dan inovatif untuk mengatasi tantangan interoperabilitas dalam blockchain. Dengan kemampuan untuk mengintegrasikan data dunia nyata ke dalam kontrak pintar, proyek-proyek ini memainkan peran penting dalam evolusi dan adopsi teknologi blockchain di berbagai sektor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: