Top 5 Layer 2 Crypto di Tahun 2024, Ada Jagoanmu?

author:

Array

Top 5 Layer 2 Crypto di Tahun 2024, Ada Jagoanmu?

Jakarta, Pintu News – Dilansir dari Crypto News, setiap kali pasar kripto naik, transaksi mainnet Ethereum menjadi mahal. Oleh karena itu, beberapa proyek telah membuat kemajuan yang signifikan dalam menciptakan jaringan layer 2 (L2) yang lebih murah, lebih cepat, dan lebih fungsional.

Artikel ini memberikan gambaran teknis tentang proyek kripto layer 2 Ethereum terbaik dengan potensi paling besar pada tahun 2024. Simak selengkapnya!

Arbitrum ($ARB) – Terbaik untuk Transaksi Berbiaya Rendah

dana jumbo arbitrum
Sumber: Kraken

Abrtirum adalah solusi penskalaan layer 2 dengan peringkat teratas, saat ini berada di urutan kedua setelah Polygon berdasarkan kapitalisasi pasar.

Baca juga: TVL Ethereum Layer 2 Tembus Rekor Baru, Capai $46 Miliar!

Sejak diluncurkan pada Maret 2021, Arbitrum telah menjadi salah satu rollup layer 2 Ethereum yang paling banyak digunakan. Ada 435 protokol yang aktif di rantai Arbtirum, 120 ribu pengguna aktif harian, TVL senilai $2,8 miliar, dan $1,5 miliar stablecoin terkunci.

Angka tersebut terbilang signifikan, mengingat kapitalisasi pasar token Arbitrum hanya sebesar $1,29 miliar. Selain itu, platform ini telah menghasilkan lebih dari $120 ribu pendapatan dalam 24 jam terakhir.

Dengan kenaikan kripto yang diperkirakan akan segera terjadi, sebagian besar nilai stablecoin di jaringan dapat mengalir ke $ARB karena investor mendapatkan kepercayaan pada arah pasar.

Selain likuiditas yang tinggi, biaya transaksi yang rendah, dan ekosistem yang luas yang terdiri dari ratusan dApps, salah satu daya tarik utama Arbitrum adalah protokol GMX yang inovatif.

Polygon ($MATIC) – Solusi Penskalaan Ethereum Paling Serbaguna

polygon agglayer
Sumber: Finbold

Polygon adalah blockchain layer 2 Ethereum nomor satu berdasarkan banyak metrik. Polygon memiliki 350 ribu pengguna aktif harian – bahkan lebih tinggi daripada Ethereum yang hanya memiliki lebih dari 300 ribu pengguna. Selain itu, Polygon memiliki 465 protokol dan TVL senilai $1,19 miliar dengan stablecoin senilai $1,2 miliar.

Dengan demikian, Polygon mendapatkan keuntungan dari efek jaringan, di mana jumlah pengguna, likuiditas, dan protokol membantu menguntungkan jaringan lebih lanjut, memungkinkan pertumbuhan jangka pendek.

Salah satu hal yang menarik tentang Polygon adalah bahwa Polygon telah menarik adopsi perusahaan yang signifikan dari perusahaan-perusahaan seperti Starbucks, Nike, dan Reddit.

Baca juga: Perluas Kemampuan Blockchain Ethereum, Polygon Luncurkan Miden Alpha Testnet

Dalam beberapa bulan terakhir, Polygon meluncurkan Polygon zkEVM, zkRollup yang kompatibel dengan mesin virtual Ethereum (EVM) pertama yang mengintegrasikan smart contract dan alat pengembang.

Optimism ($OP) – Terbaik untuk Ekuivalensi EVM

teknologi optimism
Sumber: Crypto.News

Karena popularitas Arbitrum yang spektakuler, Optimism sering kali berada di bawah radar investor kripto. Hal ini sebagian disebabkan oleh banyaknya jumlah dApps di Arbitrum dan airdrop populer yang terjadi pada awal tahun 2023.

Namun, Optimism tidak boleh diremehkan, karena ia menawarkan tokenomics dan statistik yang sebanding dengan Arbitrum, dengan lebih dari 100 ribu pengguna harian, $1 miliar TVL, dan lebih dari $600 juta dalam bentuk stablecoin. Platform ini telah menghasilkan pendapatan $89 ribu selama 24 jam terakhir dan memiliki 179 protokol.

Meskipun angka-angka ini sedikit di bawah Arbitrum, Optimism baru-baru ini berhasil mengimbanginya dengan menarik beberapa pemain industri yang paling terkemuka.

Baru-baru ini, Co-Founder ChatGPT, Sam Altman, meluncurkan Worldcoin di blockchain Optimism. Selain itu, blockchain layer 2 baru Coinbase, Base Protocol, memanfaatkan tumpukan teknologi Optimisme.

Blast – Proyek Ethereum L2 Paling Inovatif

investasi cgv pada blast network
Sumber: Coin Turk

Blast adalah salah satu proyek Ethereum layer 2 terbaik karena pendekatannya yang komprehensif untuk meningkatkan skalabilitas dan efisiensi blockchain. Proyek ini mengatasi biaya transaksi yang tinggi dan kemacetan jaringan secara efektif, membuat Ethereum lebih ramah pengguna dan hemat biaya.

Baca juga: Resmi! Mainnet Blast Telah Diluncurkan

Yang membedakan Blast dengan yang lain adalah hasil yang dihasilkannya untuk ETH dan stablecoin, sebuah fitur yang tidak umum ditemukan di solusi L2 lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan imbal hasil secara langsung di dalam ekosistem tanpa harus mempertaruhkan aset mereka.

Infrastruktur Blast yang kuat mendukung berbagai aplikasi DeFi, memfasilitasi transfer aset yang efisien, perdagangan, dan pertanian hasil. Desainnya yang ramah pengguna membuatnya dapat diakses oleh pengguna pemula dan berpengalaman, memastikan adopsi yang luas.

Mantle ($MNT) – Terbaik untuk Desentralisasi

harga mantle network
Sumber: Medium

Mantle adalah kripto layer 2 yang berfokus pada adopsi massal dan tata kelola yang terdesentralisasi. Token asalnya, $MNT, digunakan untuk pemungutan suara di jaringan untuk semua keputusan mulai dari inisiatif baru hingga mengelola perbendaharaan proyek.

Situs web Mantle menjuluki jaringan ini “hiper skalabel” karena menggunakan solusi modular yang inovatif untuk memperluas skalabilitasnya hingga 600TPS.

TVL Mantle saat ini adalah $38, tetapi ini telah meningkat secara signifikan setelah rata-rata sekitar $5 juta pada bulan Juli. Menurut DeFiLlama, dApp teratas di Mantle adalah Agni Finance, DEX asli dengan TVL $22 juta.

Agni Finance adalah fork Uniswap V3 yang menawarkan likuiditas yang hemat modal dan akan segera menggunakan landasan peluncuran untuk proyek-proyek baru yang akan diluncurkan di blockchain Mantle.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: LinkedIn

Array