Top 5 Bitcoin Ecosystem Token di 2024

Top 5 Bitcoin Ecosystem Token di 2024

Dalam ekosistem crypto yang terus berkembang, Bitcoin tetap menjadi raja. Namun, sekitar Bitcoin, telah berkembang ekosistem token yang mendukung dan memperluas penggunaan serta aplikasi Bitcoin. Di tahun 2024, beberapa token dalam ekosistem Bitcoin ini telah menonjol karena inovasi dan kontribusi mereka. Berikut adalah 5 token ekosistem Bitcoin teratas yang kamu perlu ketahui!

Ordinals (ORDI)

ordinals dalam bitcoin
Sumber: Altcoin Buzz

ORDI adalah cryptocurrency yang berjalan di Protokol Ordinals dan menambahkan fungsi NFT ke dalam jaringan Bitcoin. Protokol ini memungkinkan penambahan teks, foto, musik, dan video ke dalam Satoshi, unit terkecil dari Bitcoin. Protokol Ordinals memungkinkan penggunaan total 2,1 kuadriliun Satoshi sebagai NFT dan token, membuka penggunaan baru yang menarik di jaringan Bitcoin.

ORDI merupakan token pertama yang dibuat di jaringan Bitcoin mengikuti standar token BRC-20. Nama ORDI diambil dari protokol Ordinals yang dibuat oleh Casey Rodarmor, namun sebenarnya tidak ada hubungan langsung dengan protokol tersebut.

Baca Juga: Heroes of Mavia: Game Blockchain yang Sukses dengan 1 Juta Unduhan!

Rats (RATS)

token rats
Sumber: Bitget

RATS Coin adalah cryptocurrency yang dikembangkan di platform Unisat dan dibuat dalam format BRC20. BRC20 mencakup aset-aset yang dikembangkan di jaringan Bitcoin. Rats menggunakan simbol gambar tikus dan diminati oleh banyak pengguna karena makna ironisnya terhadap pasar perdagangan tradisional, “sebanyak tikus”.

Menurut Coinbay, saat ini token RATS merupakan salah satu dari 3 proyek teratas di bawah mekanisme Ordinals bersama dengan token SATS dan token ORDI. Platform ini memiliki total pasokan satu miliar token dan berkomitmen untuk peredaran 100%.

RSK Smart Bitcoin (RBTC)

RSK Smart Bitcoin (RBTC)
Sumber: Bitcoin Magazine

RSK adalah platform kontrak pintar yang terhubung dengan Bitcoin, memungkinkan pengembangan dApps dengan keamanan yang disediakan oleh jaringan Bitcoin. RBTC adalah token yang berfungsi dalam ekosistem RSK, mewakili Bitcoin dalam rasio 1:1 dan digunakan untuk membayar gas dalam eksekusi kontrak pintar.

Dengan RSK, Bitcoin tidak hanya berfungsi sebagai penyimpan nilai tetapi juga sebagai lapisan aplikasi yang dapat mendukung dApps yang kompleks. Ini membuka potensi baru untuk inovasi dalam ekosistem Bitcoin tanpa mengorbankan keamanan.

Baca Juga: Harga Bitcoin (BTC) Menguat, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (7/2/24)?

Sovryn (SOV)

Sovryn (SOV)
Sumber: Analytics Insight

Sovryn adalah platform DeFi yang dibangun di atas RSK, memanfaatkan keamanan Bitcoin untuk menyediakan pinjaman, pertukaran, dan layanan keuangan terdesentralisasi lainnya. Token SOV digunakan dalam tata kelola platform dan sebagai insentif untuk penyedia likuiditas dan pengguna.

Dengan memperkenalkan layanan keuangan yang terdesentralisasi dan terautonomisasi ke dalam ekosistem Bitcoin, Sovryn memperluas kasus penggunaan Bitcoin ke luar dari sekadar aset digital atau emas digital.

Stacks (STX)

stacks crypto
Sumber: U Today

Stacks membawa kontrak pintar dan aplikasi terdesentralisasi ke Bitcoin, memungkinkan pengembangan dApps yang memanfaatkan keamanan jaringan Bitcoin. Token STX digunakan dalam ekosistem Stacks untuk eksekusi kontrak pintar, transaksi, dan tata kelola jaringan.

Dengan Stacks, pengembang dapat membangun aplikasi yang memanfaatkan Bitcoin sebagai lapisan keamanan utama, sambil menawarkan fungsionalitas yang lebih kaya dan lebih dinamis. Ini menunjukkan potensi Bitcoin sebagai lebih dari sekadar mata uang atau penyimpan nilai.

Ekosistem Bitcoin terus berkembang, dengan token dan proyek yang memperluas kemungkinan dan aplikasi Bitcoin. Token-token ini menunjukkan bagaimana Bitcoin dapat berfungsi tidak hanya sebagai aset digital tetapi juga sebagai dasar untuk inovasi keuangan dan teknologi yang lebih luas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: