Tokoh Ini Sebut Hubungan Bitcoin dengan Kenaikan Suku Bunga Mulai Memudar!

author:

Tokoh Ini Sebut Hubungan Bitcoin dengan Kenaikan Suku Bunga Mulai Memudar!

Dalam dunia ekonomi, kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS biasanya memiliki dampak besar pada pasar keuangan. Namun, pendiri BitMEX, Arthur Hayes, menunjukkan bahwa hubungan antara kenaikan suku bunga dan harga Bitcoin saat ini tidak sejelas sebelumnya.

Bitcoin dan Kenaikan Suku Bunga: Hubungan yang Memudar

Arthur Hayes – Sumber: CoinMarketCap

Menurut Hayes, yang berbicara di Korea Blockchain Week di Seoul, meskipun kenaikan suku bunga biasanya mempengaruhi harga aset, Bitcoin tampaknya menunjukkan tanda-tanda ketahanan terhadap siklus kenaikan suku bunga saat ini.

Dalam lima kenaikan suku bunga terakhir, harga Bitcoin hanya jatuh setelah pengumuman Mei, dengan penurunan sekitar 5,5%. Namun, harga tersebut segera pulih.

Baca juga: Dari Sentralisasi ke Desentralisasi, Ini Rencana Jangka Panjang Ethereum Menurut Vitalik Buterin!

Faktanya, tahun ini, hype seputar ETF Bitcoin (BTC) spot yang bertanggung jawab atas kegaduhan di pasar crypto. Penurunan terbaru bahkan diatribusikan pada penundaan SEC dalam mengambil keputusan terkait ETF.

Mengapa Hubungan Ini Penting?

Kenaikan suku bunga biasanya memiliki dampak negatif pada harga saham dan pasar crypto. Namun, dengan Bitcoin menunjukkan tanda-tanda resistensi terhadap kenaikan suku bunga, ini menandakan perubahan dinamika dalam pasar keuangan.

Hayes menekankan bahwa kenaikan harga aset keuangan dapat meningkatkan pajak keuntungan kapital dan pendapatan pemerintah. Namun, ketika Federal Reserve meningkatkan suku bunga, harga dapat stagnan, mengurangi pendapatan pemerintah.

Baca juga: Pasar Crypto Abaikan Potensi ETF Bitcoin Spot? Inilah Alasan Mengapa Investor Harus Peduli!

Lebih lanjut, Hayes berpendapat bahwa pembayaran bunga yang dihasilkan kepada orang kaya dapat merangsang belanja dan pertumbuhan PDB nominal, menciptakan paradoks di mana kenaikan suku bunga Fed secara tidak sengaja mendorong pertumbuhan ekonomi.

Secara keseluruhan, dengan Bitcoin menunjukkan resistensi terhadap kenaikan suku bunga, ini menandai babak baru dalam dinamika pasar crypto. Meskipun masih harus dilihat bagaimana hubungan ini akan berkembang di masa depan, saat ini, Bitcoin tampaknya menantang norma ekonomi tradisional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: