Token Unlock Januari 2024: APT, INJ, OP, AXS, dan Lainnya!

Token Unlock Januari 2024: APT, INJ, OP, AXS, dan Lainnya!

Tahun baru 2024 membuka babak penting dalam dunia crypto dengan injeksi likuiditas yang mencapai lebih dari $600 juta akibat serentetan event unlock token. Proyek-proyek besar seperti Aptos (APT), Injective (INJ), dan Optimism (OP) berada di garis depan dengan jumlah unlock token yang signifikan, menjanjikan fluktuasi pasar yang tidak kecil. Apakah Anda telah mempersiapkan strategi untuk mengatasi turbulensi yang mungkin terjadi?

Aptos (APT) Mendominasi dengan Unlock Token Terluas

unlock token aptos
Sumber: BeInCrypto

Aptos, yang menjadi sorotan di antara proyek crypto, dijadwalkan untuk unlock token terbesarnya pada tanggal 12 Januari 2024. Sejumlah 24,84 juta token APT, atau 8,08% dari total suplai yang beredar, akan dilepaskan ke pasar. Dengan nilai unlock sekitar $234,76 juta, token ini akan didistribusikan kepada anggota komunitas dan kontributor utama.

Dua unlock token sebelumnya pada Desember 2023 dan November 2023 telah menyebabkan penurunan nilai APT sekitar 18,72% dan 20%. Kondisi ini menimbulkan kecemasan bahwa pola serupa mungkin terulang pasca unlock token di bulan Januari.

Baca Juga: Lebih dari $750 Juta Token Crypto Terkunci Siap di Unlock, Apa Dampaknya Buat Market?

Injective dan Optimism: Babak Penutup dan Pembukaan

inj unlock token
Sumber: BeInCrypto

Injective akan melalui unlock token terakhirnya pada tanggal 21 Januari 2024 dengan 3,67 juta token INJ, yang bernilai $136,73 juta, akan beredar di pasar. Dengan 96% dari total suplai INJ telah diunlock, event ini akan menandai distribusi akhir kepada tim dan penasihat proyek.

optimism unlock token
Sumber: BeinCrypto

Optimism juga akan mengikuti dengan unlock token yang dijadwalkan pada tanggal 30 Januari 2024. Sebanyak 24,16 juta token OP, dengan nilai $87,7 juta, akan dilepaskan ke pasar. Tambahan lagi, akan ada unlock token harian secara linear sebanyak 333.330 token OP selama 90 hari yang akan datang, yang menambahkan lebih banyak likuiditas ke pasar setiap hari.

Baca Juga: Aptos dan Avalanche Dominasi Unlock Token Senilai $450 Juta di November!

Token Lain yang Berpotensi Menggoyahkan Pasar

Tidak hanya APT, INJ, dan OP, beberapa token lain juga akan mengalami unlock pada bulan Januari. SUI dan AXS termasuk di antaranya, dengan SUI akan unlock sebanyak 34,62 juta token dengan nilai $27,88 juta pada tanggal 3 Januari, dan AXS akan unlock 3,43 juta token dengan nilai $31,24 juta pada tanggal 18 Januari.

Event unlock ini bisa memberikan dampak negatif terhadap harga aset crypto yang terkait. Misalnya, harga APT yang telah naik 34% dalam satu bulan terakhir, berpotensi untuk turun setelah unlock. Sementara itu, SUI dan AXS yang juga mengalami kenaikan harga menjelang unlock, masih berisiko untuk turun setelahnya.

Kesimpulan:

Dengan serangkaian unlock token yang dijadwalkan di bulan Januari 2024, pasar crypto diperkirakan akan mengalami banyak pergerakan. Keputusan dari SEC mengenai ETF Bitcoin juga akan berperan dalam menentukan tren pasar. Bagi investor dan pelaku pasar crypto, sangat penting untuk tetap waspada dan siap menghadapi kemungkinan perubahan harga yang besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: