Crypto Naik Ratusan Juta Dolar di Penghujung 2023? Ini Informasinya!

Crypto Naik Ratusan Juta Dolar di Penghujung 2023? Ini Informasinya!

Desember 2023 menjadi bulan yang penuh gejolak bagi pasar crypto dengan rencana pelepasan token senilai lebih dari $750 juta. Kejadian ini menarik perhatian para investor dan pengamat crypto di seluruh dunia.

Berbagai mata uang digital terkemuka akan mengalami perubahan signifikan dalam peredaran mereka. Mari kita ulas lebih dalam fenomena yang bisa mengubah peta kekuatan crypto saat ini.

Mata Uang Crypto Desember 2023

Bitcoin (BTC) masih memimpin sebagai mata uang crypto dengan pertumbuhan harga mencapai 7.385%. Diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009, Bitcoin berjalan di atas teknologi blockchain yang revolusioner.

Di posisi kedua, Ethereum (ETH) menunjukkan pertumbuhan yang lebih fantastis, yaitu 18.409%, dengan potensi aplikasi seperti smart contract dan NFT. Tether (USDT) dan U.S. Dollar Coin (USDC) adalah 2 stablecoin yang menawarkan stabilitas nilai lebih konsisten.

Baca Juga: 5 Crypto Paling Populer 2023, Ada Koin Jagoanmu?

Binance Coin (BNB) yang digunakan untuk perdagangan dan pembayaran biaya di bursa Binance, mengalami pertumbuhan harga yang luar biasa, yaitu 229.847%. XRP (XRP) dan Solana (SOL) juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dengan masing-masing 10.058% dan 7.210%.

Cardano (ADA) dengan adopsi awal sistem validasi proof-of-stake dan Dogecoin (DOGE) yang awalnya dianggap sebagai lelucon, kini menjadi mata uang crypto yang serius dengan pertumbuhan harga 39.589%. Terakhir, TRON (TRX) yang dirancang untuk kontrak pintar dan aplikasi DeFi, mencatatkan pertumbuhan harga sebesar 11.715%.

Pelepasan Token Terkunci Senilai Jutaan Dolar

optimism
Sumber: Medium

DYdX, Optimism, 1inch, dan Aptos bersiap melepas token yang terkunci dengan total nilai lebih dari $750 juta. DYdX akan melepas 150 juta token yang sebelumnya diperuntukkan bagi investor, pendiri, dan karyawan dengan nilai hampir $500 juta.

Token ini dijadwalkan untuk dilepas pada 1 Desember 2023, pukul 00:00 UTC, setelah pengumuman penundaan yang sebelumnya dijadwalkan pada Februari. Selain dYdX, Optimism dijadwalkan untuk melepas 24 juta token OP senilai sekitar $41 juta pada 30 November.

Sementara itu, 1inch Network akan melepas sekitar 98 juta token 1INCH senilai sekitar $33 juta pada 1 Desember. Aptos juga tidak ketinggalan dengan rencana pelepasan hampir 25 juta token APT senilai hampir $180 juta pada 12 Desember.

Implikasi Pelepasan Token bagi Pasar Crypto

Pelepasan token dalam jumlah besar ini dapat mempengaruhi dinamika pasar crypto. Investor dan trader harus mempersiapkan strategi mereka untuk menghadapi potensi fluktuasi harga.

Pelepasan token yang terkunci bisa menimbulkan tekanan jual yang meningkat, namun juga bisa menjadi peluang bagi yang ingin memperoleh aset crypto dengan harga yang mungkin lebih rendah.

Pengamat pasar harus memantau dengan seksama pergerakan harga pasca-pelepasan token. Ini adalah momen penting yang bisa menjadi indikator tren pasar crypto di masa mendatang. Keputusan para pemegang token setelah pelepasan akan sangat menentukan arah pasar crypto di awal tahun 2024.

Paragraf Penutup

Desember 2023 akan menjadi catatan penting dalam sejarah crypto dengan pelepasan token yang berpotensi mengubah peta kekuatan pasar. Apakah kamu sudah siap menghadapi perubahan ini? Pastikan untuk terus mengikuti perkembangan dan mempersiapkan strategi investasi crypto kamu dengan bijak.

Baca Juga: 3 Crypto yang Bakal Meroket 2024, Ada Koin Favoritmu?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi