TMX Group, Bursa Utama di Kanada, Siap Meluncurkan Perdagangan Futures Bitcoin!

author:

TMX Group, Bursa Utama di Kanada, Siap Meluncurkan Perdagangan Futures Bitcoin!

Dalam perkembangan yang menandai sejarah pasar aset digital Kanada, TMX Group, bursa terbesar di negara tersebut, bersiap meluncurkan kontrak futures Bitcoin. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap permintaan pasar yang meningkat untuk kelas aset baru ini.

Mengapa TMX Group Meluncurkan Futures Bitcoin?

tmx luncurkan bitcoin futures
Sumber: Reuters

TMX Group telah mengumumkan rencana peluncuran kontrak futures Bitcoin yang akan diselesaikan dengan dolar Amerika Serikat di Montréal Exchange (MX). Keputusan ini diambil untuk memenuhi permintaan pasar yang meningkat terhadap produk aset digital, terutama di tengah keengganan SEC Amerika Serikat dalam menyetujui ETF spot Bitcoin.

Baca juga: Apa itu Bitcoin ETF, Mengapa Hal Ini Begitu Menarik?

Menurut laporan, banyak investor sering kali merasa terbatas saat ingin bergabung dengan ruang crypto, terutama dalam mengelola eksposur mereka terhadap fluktuasi harga Bitcoin. Dengan peluncuran produk baru ini, MX akan memberikan kesempatan kepada investor untuk mengelola eksposur mereka terhadap perdagangan spot Bitcoin sambil menjelajahi peluang lain di ruang crypto yang terus berkembang.

Selain itu, produk ini akan memberikan pintu masuk bagi investor untuk diversifikasi portofolio, harga real-time, likuiditas, dan perdagangan aktif. Nilai penyelesaian kontrak yang baru diluncurkan akan ditentukan melalui produk CoinDesk, CoinDesk Bitcoin Price Index (XBX).

Sejarah TMX Group dalam Dunia Crypto

TMX Group memulai perjalanannya dalam dunia kripto beberapa tahun yang lalu. Bursa ini mencatatkan ETF Bitcoin pertamanya pada tahun 2021 saat aset crypto mulai mendapatkan momentum. Pada tahun 2022, beredar kabar bahwa bursa ini sedang mempertimbangkan peluncuran produk futures crypto untuk menarik investor institusi.

Selama tahap-tahap awal tersebut, John Mackenzie mengamati bahwa dealer institusi yang memiliki aset signifikan dalam portofolio mereka mencari cara untuk mengelola eksposur mereka terhadap volatilitas harga. Pada saat itu, bursa ini sudah memiliki 17 ETF yang berfokus pada crypto.

Baru-baru ini, ada spekulasi bahwa platform ini berencana untuk memperkenalkan platform perdagangan spot crypto pada awal tahun 2024.

Baca juga: Meski Euforianya Tinggi, Volume Transaksi ETF Ethereum Rendah, Apa yang Terjadi?

Prospek Pasar Crypto

pemilik bitcoin terbanyak di dunia
Sumber: MarketWatch

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan produk Bitcoin, untuk membantu investor mengelola eksposur mereka terhadap pergerakan harga crypto, telah meningkat secara signifikan. Sebagai contoh, Chicago Mercantile Exchange (CME) meluncurkan produk futures Bitcoin ke dalam lineup mereka di awal tahun ini.

Dengan futures Bitcoin, pedagang crypto dapat dengan mudah memahami aksi harga aset yang mendasarinya seiring meningkatnya likuiditas seiring berjalannya waktu.

Pasar crypto telah berhasil mempertahankan kapitalisasi pasar di atas $1 triliun meskipun adanya ketidakpastian jangka pendek. Harga Bitcoin diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa tahun mendatang, terutama setelah halving keempat dan meningkatnya permintaan dari investor institusi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: