Ketinggalan Airdrop ARB? Simak Tips Dapat Airdrop Biar Cuan dan Aman

Ketinggalan Airdrop ARB? Simak Tips Dapat Airdrop Biar Cuan dan Aman

Mendapatkan aset crypto bisa dengan berbagai cara, salah satunya melalui Airdrop. Airdrop adalah cara yang sedang populer yaitu membagikan proyek-proyek crypto untuk menarik perhatian pengguna sekaligus dapat meningkatkan adopsi. Salah satu airdrop crypto yang ramai kemarin adalah Arbitrum (ARB).

Namun, di tengah huru hara dan keuntungan yang didapat dari airdrop, ternyata ada lho perangkap-perangkap yang patut diwaspadai saat mengikuti airdrop crypto. Kali ini, tim Pintu News akan membahas perangkap apa saja yang terkait dengan airdrop crypto dan bagaimana cara menghindarinya!

Baca juga: Apa Itu Airdrop Crypto? Ketahui Selengkapnya di Artikel ini

Arbitrum Bagi-bagi Airdrop Senilai $120 Juta

airdrop arbitrum

Arbitrum, salah satu proyek blockchain terkemuka, beberapa waktu lalu membagikan airdrop senilai $120 juta dalam bentuk token ARB kepada sejumlah organisasi otonom yang terdesentralisasi (DAO). Tujuan airdrop tersebut adalah untuk mendistribusikan token kepada komunitas yang lebih luas serta mendukung pengembangan ekosistem Arbitrum. Airdrop ini sukses dilakukan pada 16 Maret 2023. Namun, buat yang ingin mendapatkan airdrop seperti Arbitrum-arbitrum lainnya, perlu menyimak adanya potensi perangkap yang patut diwaspadai.

Arbitrum, salah satu proyek blockchain terkemuka, pada tanggal 16 Maret lalu telah membagikan airdrop senilai $120 juta dalam bentuk token ARB kepada sejumlah organisasi otonom terdesentralisasi (DAO).

Tujuan airdrop tersebut adalah untuk mendistribusikan token kepada komunitas yang lebih luas serta mendukung pengembangan ekosistem Arbitrum. Namun, buat yang ingin mendapatkan airdrop seperti Arbitrum-arbitrum lainnya, perlu menyimak adanya potensi perangkap yang patut diwaspadai.

Baca juga: Arbitrum Airdrop Token? Pelajari Lebih Lanjut Ekosistem dan Potensinya

Jenis-jenis Perangkap Airdrop

jenis-jenis perangkap airdrop

Berikut beberapa perangkap yang umum ada di dalam dunia airdrop crypto:

  • Phishing dan penipuan: Menciptakan airdrop palsu biasanya seringkali dibuat oleh penipu yang mengarahkan para airdrop hunter masuk ke situs web atau platform palsu yang telah dibuat sedemikian rupa. Penipu ini biasanya meminta informasi data pribadi dan rincian keamanan, lalu kemudian langkah kriminal dilakukan yaitu mengakses dompet dan mencuri dana dengan tidak bertanggung jawab.
  • Token tanpa nilai atau ilegal: Beberapa token yang didistribusikan melalui airdrop mungkin tidak memiliki nilai atau menjadi ilegal. Proyek-proyek ini mungkin tidak memiliki rencana bisnis yang solid atau terbukti, dan hanya menggunakan airdrop untuk meningkatkan popularitas mereka.
  • Pengumpulan informasi pribadi: Airdrop sering digunakan untuk mengumpulkan informasi pribadi pengguna. Meskipun banyak sekali proyek airdrop yang memang sah, namun perusahaan atau individu di baliknya mungkin menjual informasi yang mereka kumpulkan kepada pihak ketiga atau menggunakannya untuk tujuan yang tidak sah.

Tips Hindari Perangkap Airdrop Crypto

tips hindari perangkap airdrop crypto

Untuk menghindari perangkap dalam airdrop crypto yang paling pertama adalah pastikan untuk selalu melakukan due diligence dan riset yang menyeluruh sebelum benar-benar mengikuti airdrop.

Langkah yang paling sederhana adalah dengan selalu selalu membaca legalitas dan informasi proyek. Pastikan kamu hanya partisipasi dalam airdrop yang berasal dari sumber yang terpercaya. Selain itu, jangan pernah sekalipun membagikan informasi berupa data pribadi atau rincian keamanan dengan sumber yang sama sekali tidak dikenal.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, bisa dipastikan bahwa dapat memanfaatkan airdrop seperti Arbitrum untuk meningkatkan portofolio crypto dan menghindari risiko yang terkait dengan penipuan dan perangkap lainnya. Jangan lupa selalu ingat untuk berinvestasi dengan bijak agar aset crypto dapat dengan aman tersimpan.

Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Nivesh Rustgi. Arbitrum Airdrops $120 Million in ARB to DAOs. Diakses tanggal: 5 Mei 2023

Bitrace. Fishing Traps in the Crypto Airdrop Tutorial. Diakses tanggal: 5 Mei 2023

Mina Down. How to Profit from Crypto Airdrops and Avoid Scams Along the Way. Diakses tanggal: 5 Mei 2023