Waspada! Pengguna Trezor Jadi Sasaran Empuk Penipuan Siber

Waspada! Pengguna Trezor Jadi Sasaran Empuk Penipuan Siber

Dunia maya kembali dihebohkan dengan maraknya penipuan yang menargetkan pengguna Trezor, dompet crypto populer. Para penjahat siber tidak kenal lelah mencari celah untuk menguras aset digital dengan berbagai modus, mulai dari email palsu hingga panggilan telepon yang mengelabui. Kamu harus ekstra waspada dan mengenali ciri-ciri penipuan ini agar tidak menjadi korban selanjutnya.

Langkah Pertama: Amankan Akses ke Dompet Crypto Digital

Membookmark situs resmi Trezor adalah langkah awal yang bijak untuk menghindari penipuan. Pastikan kamu hanya mengakses https://suite.trezor.io/web dan mengunduh Trezor Suite dari https://trezor.io/trezor-suite. Ini akan meminimalisir risiko terjerumus ke dalam situs palsu yang dirancang untuk mencuri informasi pribadi.

Baca Juga: Perayaan ke-10 Tahun, Trezor Rilis Dompet Crypto Baru dengan Fitur Canggih dan Harga Terjangkau!

Kamu juga harus memperhatikan pentingnya passphrase. Passphrase yang kuat dan unik akan memberikan lapisan keamanan tambahan. Jangan pernah membagikan passphrase ini kepada siapa pun dan selalu masukkan langsung melalui perangkat Trezor kamu untuk menghindari risiko kebocoran informasi.

Kenali Modus Operandi Penipu

skema penipuan crypto
Bitcoin.com News

Trezor tidak akan pernah menghubungi kamu melalui pesan teks atau panggilan telepon. Jika kamu menerima komunikasi semacam ini, anggap itu sebagai upaya phishing. Laporkan dan blokir pengirimnya segera. Ingat, Trezor tidak memiliki wewenang untuk ‘menonaktifkan’ perangkatmu, jadi abaikan klaim yang mengatakan sebaliknya.

Selain itu, jangan pernah membuat salinan digital dari recovery seed-mu. Recovery seed adalah kunci utama aset digitalmu dan harus dijaga kerahasiaannya. Menyimpannya di tempat yang aman dan terlindung dari akses tidak sah adalah cara terbaik untuk melindungi investasimu dari tangan-tangan jahil.

Cara Melaporkan Penipuan

Jika kamu menemukan upaya phishing, laporkan dengan mengetik “Saya ingin melaporkan phishing” dan ikuti instruksi yang diberikan. Hal akan membimbingmu melalui proses pelaporan dan memberikan informasi tambahan yang diperlukan. Dengan melaporkan, kamu membantu melindungi pengguna Trezor lainnya.

Kamu juga disarankan untuk selalu memantau Forum Resmi Trezor untuk mendapatkan berita atau pembaruan terkait keamanan. Dengan selalu waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan, kamu dapat menggunakan Trezor dengan rasa aman dan nyaman.

Paragraf Penutup

Di era digital yang penuh risiko ini, keamanan aset crypto menjadi prioritas utama. Dengan mengikuti panduan dan tips keamanan yang telah disebutkan, kamu dapat menghindari jeratan penipuan yang semakin canggih. Jangan biarkan penjahat siber mengancam keamanan finansialmu. Bersikaplah proaktif dan lindungi aset digital-mu dengan bijak.

Baca Juga: Data Pribadi 66.000 Pengguna Trezor Bocor, Simak Cara Mengamankan Aset Crypto Kamu!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi