Tim Pengembang EthereumPOW Bubar, Apa Kabar Masa Depan Crypto?

Tim Pengembang EthereumPOW Bubar, Apa Kabar Masa Depan Crypto?

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan, tim pengembang inti EthereumPOW telah mengumumkan pembubaran mereka. Keputusan ini diambil untuk mewujudkan visi desentralisasi penuh, menyerahkan kendali kepada komunitas.

Langkah ini menandai babak baru bagi EthereumPOW, yang berusaha mempertahankan konsensus proof-of-work (PoW) di tengah dominasi Ethereum proof-of-stake (PoS).

Desentralisasi Penuh EthereumPOW

Tim pengembang inti EthereumPOW telah memutuskan untuk membubarkan diri demi mencapai otonomi penuh. Ke depannya, EthereumPOW akan beroperasi dengan konsensus PoW dan tata kelola desentralisasi untuk menjadi “rantai publik tanpa dewa”.

Ini merupakan langkah besar menuju pemberdayaan komunitas pengguna dan penambang dalam mengambil alih tata kelola blockchain EthereumPOW. OneDAO, protokol desentralisasi di jaringan Harmony, akan mengambil alih server EthereumPOW untuk pemeliharaan transisi.

Baca Juga: SEC Amerika Serikat Menunda Keputusan ETF Ethereum hingga Mei 2024!

OneDAO akan bertanggung jawab sampai mitra ekosistem jangka panjang dapat ditemukan. Ini menunjukkan komitmen EthereumPOW untuk mempertahankan operasionalnya sambil mencari dukungan yang lebih berkelanjutan.

Kemunduran dan Harapan

etc crypto adalah
Sumber: Bitcoinist

EthereumPOW tercipta sebagai hasil dari hard fork Ethereum pada September 2022, tepat sebelum Ethereum utama beralih ke konsensus PoS yang lebih hemat energi. Beberapa pengembang dan penambang yang tidak puas dengan sentralisasi yang meningkat dan kehilangan pendapatan menciptakan EthereumPOW untuk mempertahankan Ethereum versi asli.

Namun, sejak peluncurannya, EthereumPOW menghadapi tantangan dalam mendapatkan adopsi yang luas. Grayscale Investments, operator dana yang diperdagangkan di bursa, telah menarik dukungannya terhadap token ETHW pada September lalu.

Keputusan ini diambil karena kurangnya likuiditas dan dukungan kustodian, yang menyebabkan penurunan harga dari $100 pada saat peluncuran menjadi sekitar $2,59 saat ini.

Paragraf Penutup

Dengan pembubaran tim pengembang inti dan transisi ke tata kelola yang sepenuhnya desentralisasi, EthereumPOW berharap dapat memulihkan minat dan partisipasi komunitas. OneDAO akan memberikan dukungan teknis selama periode transisi ini.

Namun, keberhasilan EthereumPOW akan sangat bergantung pada apakah komunitas crypto memilih untuk mengadopsi EthereumPOW daripada blockchain Ethereum PoS yang lebih dominan.

Baca Juga: Lisk Blockchain Lakukan Migrasi Spektakuler ke Ethereum Layer-2 Melalui Optimism dan Gelato!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi