The Fed Beri Sinyal Potong Suku Bunga, Tapi Bukan Sekarang!

The Fed Beri Sinyal Potong Suku Bunga, Tapi Bukan Sekarang!

The Fed atau Bank Sentral Amerika Serikat memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuannya pada kisaran 5,25% hingga 5,5% dalam pertemuan kebijakan moneter terbarunya. Keputusan ini menandai keempat kalinya berturut-turut The Fed menahan suku bunga.

Namun, dalam pernyataannya, The Fed mengindikasikan kemungkinan penurunan suku bunga di masa mendatang, meskipun Ketua The Fed Jerome Powell mengisyaratkan bahwa pemangkasan suku bunga tidak akan terjadi pada bulan Maret.

The Fed Buka Peluang Pemangkasan Suku Bunga

Dalam pertemuan tersebut, The Fed menunjukkan bahwa mereka tidak terburu-buru untuk menurunkan suku bunga. Dalam pernyataannya, The Fed menyatakan bahwa mereka “tidak memperkirakan akan tepat untuk menurunkan target kisaran sampai mereka memperoleh keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju 2%.”

Powell menegaskan pesan ini dengan mengatakan, “Berdasarkan pertemuan hari ini, saya akan memberi tahu Anda bahwa saya tidak berpikir kemungkinan komite akan mencapai tingkat keyakinan pada saat pertemuan Maret.”

Baca Juga: SEC Batalkan Gugatan DEBT Box, Sementara, Setelah Ancaman Sanksi

Meskipun Powell mengakui kemajuan signifikan dalam inflasi dalam beberapa bulan terakhir, ia berulang kali menekankan perlunya melihat “lebih banyak” data yang mengonfirmasi tren penurunan tersebut.

Powell berbicara setelah The Fed mengeluarkan pernyataan menyusul pertemuan dua hari mereka, di mana para pejabat mencabut pernyataan sebelumnya tentang kemungkinan kenaikan suku bunga dan mengadopsi penilaian yang lebih seimbang terhadap jalur kebijakan masa depan.

The Fed Pertahankan Kebijakan Pengurangan Neraca

X/@PeterSchiff

Keputusan The Fed untuk mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah mendapat dukungan suara bulat dari para pejabat. Bank sentral juga menegaskan kembali niatnya untuk terus mengurangi neracanya hingga $95 miliar per bulan.

Powell mengatakan kepada wartawan bahwa para pejabat The Fed berencana untuk memulai pembicaraan mendalam tentang neraca pada pertemuan mereka di bulan Maret. Keputusan ini berdampak pada pasar keuangan, dengan imbal hasil US Treasury memangkas penurunan, sementara indeks S&P 500 tetap lebih rendah. Investor crypto juga mengurangi kemungkinan pemotongan suku bunga pada bulan Maret.

Baca Juga: Ketua The Fed, Jerome Powell, Ungkap Dampak Keputusan Suku Bunga Terhadap Pasar Crypto!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi