Bagaimana Keputusan The Fed di Mei 2024 Mempengaruhi Aset Crypto?

Bagaimana Keputusan The Fed di Mei 2024 Mempengaruhi Aset Crypto?

Crypto dan pasar keuangan global sedang dihadapkan pada ketidakpastian menyusul pernyataan terbaru dari Federal Reserve (The Fed) mengenai kebijakan suku bunga. Ketua The Fed, Jerome Powell, memberikan sinyal bahwa bank sentral AS tersebut kemungkinan akan menunda pemotongan suku bunga hingga Mei mendatang. Keputusan ini dapat berdampak signifikan terhadap aset berisiko, termasuk cryptocurrency dan saham-saham teknologi. Simak berita lengkapya berikut ini!

The Fed Tunda Pemotongan Suku Bunga hingga Mei

jerome powell terhadap inflasi
Sumber: CNBC

Powell mengatakan bahwa The Fed belum melihat bukti yang cukup kuat untuk menunjukkan bahwa ekonomi AS telah pulih sepenuhnya. Oleh karena itu, bank sentral tersebut memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuannya pada kisaran 4,25% hingga 4,5%.

Keputusan ini mengejutkan pasar, yang sebelumnya memperkirakan The Fed akan mulai memangkas suku bunga pada Maret. Penundaan pemotongan suku bunga ini dapat berdampak negatif terhadap aset berisiko.

Cryptocurrency, seperti Bitcoin dan Ethereum, cenderung mengalami penurunan harga ketika suku bunga naik. Hal ini karena investor cenderung beralih ke aset yang lebih aman, seperti obligasi pemerintah, ketika suku bunga meningkat.

Baca Juga: Bitcoin (BTC) Bakal Meroket ke $60.000 Sebelum 2025, Ini Alasannya!

Prospek Crypto dan Pasar Keuangan Global

Meskipun The Fed menunda pemotongan suku bunga, Powell tetap optimis tentang prospek ekonomi AS. Ia mengatakan bahwa ekonomi AS masih tumbuh, meskipun pada tingkat yang lebih lambat.

Powell juga memperkirakan bahwa inflasi akan terus menurun selama paruh pertama tahun ini. Namun, Powell juga memperingatkan bahwa ekonomi AS masih menghadapi beberapa tantangan, termasuk perang di Ukraina dan kenaikan harga energi. Ia mengatakan bahwa The Fed akan terus memantau situasi dan menyesuaikan kebijakannya jika diperlukan.

Baca Juga: LUNC Melonjak 11%, Akankah Mencapai $0,001?

Dampak terhadap Pasar Crypto

Penundaan pemotongan suku bunga The Fed dapat berdampak negatif terhadap pasar crypto dalam jangka pendek. Cryptocurrency cenderung mengalami penurunan harga ketika suku bunga naik. Namun, dalam jangka panjang, pasar crypto diperkirakan akan tetap tumbuh seiring dengan meningkatnya adopsi teknologi blockchain.

Kesimpulan

Keputusan The Fed untuk menunda pemotongan suku bunga hingga Mei dapat berdampak signifikan terhadap aset berisiko, termasuk cryptocurrency dan saham-saham teknologi. Namun, dalam jangka panjang, pasar crypto diperkirakan akan tetap tumbuh seiring dengan meningkatnya adopsi teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi